Perancangan Design UI/UX E-Commerce Trinity Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking
Website-Based Trinity E-Commerce UI/UX Design With a Design Thinking Approach
Trinity merupakan salah satu brand fashion lokal yang dibentuk pada tahun 2020 oleh 3 orang pemuda karena melihat peluang bisnis dari gencarnya gerakan local pride. Hingga saat ini, Trinity telah meluncurkan beberapa produk diantaranya t-shirt, hoodie, dan sweater. Dalam proses bisnisnya, Trinity menggunakan marketplace untuk proses transaksi dengan pelanggan, namun menurut ketiga founder Trinity menggunakan marketplace saja tidak cukup untuk meningkatkan citra merek mereka. Oleh karena itu, mereka ingin memiliki sebuah platform berupa website e-commerce agar mereka dapat mengelola sendiri proses jual beli sekaligus dapat mengingkatkan citra merek mereka menggunakan website tersebut. Dalam sebuah website, kenyamanan pengguna merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu penulis memberikan sebuah rekomendasi rancangan user interface dan user experience website e-commerce Trinity agar memberikan kenyamanan kepada pelanggan ketika sedang mengakses website Trinity. Dengan menggunakan pendekatan Design Thinking pada saat merancang desain tampilannya dan melakukan usability testing serta penilaian System Usability Scale (SUS) ketika melakukan pengujian rancangan tampilan. Didapatkan skor sebesar 83 dengan rating excellent sehingga rancangan tampilan yang telah penulis buat telah memenuhi kebutuhan pengguna.
Trinity is onebrand fashion local which was formed in 2020 by 3 youths because they saw business opportunities from the incessant movementlocal pride. Until now, Trinity has launched several products includingt-shirt, hoodie, andsweater. In its business processes, Trinity usesmarketplace to process transactions with customers, but according to the thirdfounder Trinity usesmarketplace alone is not enough to enhance their brand image. Therefore, they want to have aplatform formwebsite e-commerce so that they can manage their own buying and selling process while at the same time enhancing the brand image they usewebsite the. in awebsite, user comfort is very important. Therefore the authors provide a design recommendationuser interface anduser experience website e-commerce Trinity in order to provide convenience to customers when accessingwebsite Trinity. By using the Design Thinking approach when designing the appearance and designusability testing and evaluationSystem Usability Scale (THEIR) when testing the display design. Obtained a score of 83 withrating excellent so that the display design that the author has made meets user needs.