Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa dengan Memanfaatkan Website Indonesia Virtual Tour
Enhancing Students’ Descriptive Text Writing Ability by Utilizing Indonesia Virtual Tour Website
Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa yang belajar bahasa inggris. Menulis juga dianggap sebagai salah satu keterampilan yang paling sulit untuk dikuasai. Siswa menghadapi berbagai tantangan saat menyusun teks tertulis karena ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam proses menulis. oleh karena itu, guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengajarkan menulis untuk membantu siswa mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan kemampuan menulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media visual pada website Indonesia Virtual Tour untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa.
Pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental (One-Group Pretest-Posttest) digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa dari kelas VII B di salah satu sekolah menengah pertama swasta di Surabaya. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, pre-test dan post-test menulis digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil tes dianalisis menggunakan perangkat lunak statistic SPSS versi 25.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual pada situs web Indonesia Virtual Tour dalam proses pembelajaran memiliki dampak positif pada kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata post test yang lebih tinggi (81,12) dibandingkan dengan pre-est (66,45). Selain itu, hasil uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan menulis teks deskriptif siswa sebelum dan sesudah perlakuan, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, pemanfaatan media visual pada situs web Indonesia Virtual Tour dalam proses pengajaran dan pembelajaran secara efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif.
Writing is one of the essential language skills that students learning English must learn and master. Writing is also considered as the most difficult skill to acquire. Students encounter various challenges when composing written texts because there are many aspects to address in the writing process. For this reason, the teacher should be more creative and innovative in teaching writing to help students overcome those problems and enhance their writing ability. This study aims to investigate the use of visual media on Indonesia Virtual Tour website to improve students’ writing ability of descriptive text.
A quantitative approach with a pre-experimental (One-Group Pretest-Postest) was employed. The subjects of this study were 33 students from class VII B at a private junior high school in Surabaya. The sample was selected using purposive sampling. To collect data, writing pre-test and post-test was used as the research instrument. The test results were subsequently analyzed using SPSS statistical software version 25.
The findings demonstrated that using visual media on Indonesia Virtual Tour website in the learning process has a positive impact on students’ descriptive text writing abilities. This is evidenced by the higher mean score of post-test (81.12) compared to the pre-test (66.45). Furthermore, the result of paired sample t-test showed that there was a significant difference in the students’ descriptive text writing ability before and after the treatment, indicating that H0 was rejected and Ha was accepted. In conclusion, utilizing visual media on Indonesia Virtual Tour website in the teaching and learning process effectively enhanced students’ writing ability of descriptive text.