GAME CARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI KONSUMSI JAJANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SD
GAME CARD AS EDUCATIONAL MEDIA FOR HEALTHY SNACK CONSUMPTION TO IMPROVE KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Jajanan diperlukan sebagai makanan pendukung energi dan zat gizi bagi anak sekolah. Saat ini jajanan beresiko terhadap kesehatan anak sekolah karena kebersihannya kurang terjamin. Untuk ini maka anak sekolah harus memiliki pengetahuan dan sikap pemilihan makanan jajanan yang sehat. Pengetahuan dan sikap ini terbentuk dari proses pembelajaran yang diterima oleh anak sekolah di pendidikan formal atau non formal. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang: 1) karakteristik anak sekolah (Sekolah Dasar); 2) jajanan sehat; 3) Media game card; 4) pengaruh media game card untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mengkonsumsi makanan jajanan sehat bagi siswa SD. Artikel ini menggunakan penelitian studi literatur yaitu sumber dan metode pengumpulan data berasal dari sumber-sumber atau tulisan dari penelitian terdahulu yang akurat dan relevan. Media game card merupakan bentuk edukasi berbasis permainan sebagai metodenya dan kartu sebagai media permainannya. Hasil kajian ini didapat dari beberapa peneliti yang berpendapat bahwa siswa SD memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, anak SD senang merasakan atau melakukan atau memperagakan sesuatu secara langsung. Berdasarkan kajian ini, penggunaan permainan kartu pada siswa SD sebagai media edukasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SD dalam memilih jajanan sehat. Permainan kartu dapat menjadi alternatif media penyuluhan jajanan sehat yang menarik dan bermanfaat untuk siswa SD.
Snacks are needed as food to support energy and nutrients for school children. Currently, snacks pose a risk to the health of school children because their cleanliness is not guaranteed. For this, school children must have the knowledge and attitude to choose healthy snacks. This knowledge and attitude is formed from the learning process received by school children in formal or non-formal education. This paper aims to provide information about: 1) characteristics of school children (elementary schools); 2) healthy snacks; 3) Media game cards; 4) the influence of game card media to increase the knowledge and attitude of consuming healthy snacks for elementary school students. This article uses literature study research, namely the sources and methods of data collection come from sources or writings from previous research that are accurate and relevant. Game card media is a form of game-based education as the method and cards as the game medium. The results of this study were obtained from several researchers who argued that elementary school students had the characteristics of enjoying playing, happy to move, happy to work in groups, elementary school children liked to feel or do or demonstrate something directly. Based on this study, the use of card games for elementary school students as an educational medium is expected to increase the knowledge and attitudes of elementary school students in choosing healthy snacks. Card games can be an interesting and useful alternative media for healthy snacks counseling for elementary school students.