Fraud Diamond dan Literasi Ekonomi sebagai Determinan Perilaku Kecurangan Akademik
Fraud Diamond and Economic Literacy as Determinants of Academic Fraud Behavior
Kecurangan akademik masih menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Dari hasil observasi awal terdapat 90% dari 165 Mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018-2020 , mengaku pernah berbuat curang dalam hal akademik. Perbuatan tersebut bisa terjadi karena beberapa hal seperti diakibatkan adanya fraud diamond (tekanan, kesempatan, rasionalitas dan kemampuan) dan literasi ekonomi mahasiswa yang rendah . Tujuan penelitian yaitu menganalisis apakah fraud diamond (tekanan, kesempatan, rasionalitas dan kemampuan) dan literasi ekonomi terdapat pengaruh pada kecurangan akademik secara parsial atau secara bersama-sama . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda sebagai teknik analisis. Subjek penelitian adalah mahasiswa JPE UNESA 2018-2020. Dari total populasi 777, diambil 263 sebagai sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel yakni random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk variabel kecurangan akademik dan fraud diamond (tekanan, kesempatan, rasionalitas dan kemampuan) , sementara literasi ekonomi menggunakan test. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, kecurangan akademik dipengaruhi oleh kesempatan dan kkemampuan sementara varaibel yang tidak ada pengaruhnya pada kecurangan akademik yakni tekanan, rasionalitas dan literasi ekonomi. Namun secara bersama-sama fraud diamond dan literasi ekonomi merupakan determinan dari kecurangan akademik
Academic fraud is still a problem in the world of education. 90% of 165 colleger in economic education 2020-2018, admit to having committed academic fraud. Academic fraud can occur due to several things such as the result of the fraud diamond (pressure, opportunity, rationality and ability) and level of student understanding of the material in this case is economic literacy. The purpose of this study is to determine whether diamond fraud and economic literacy have an effect on academic fraud either partially or collectively. This research method is descriptive quantitative, with multiple linear regression analysis techniques. The research subjects were 2018-2020 JPE UNESA students. From a total population of 777, 263 were taken as the research sample with the sampling technique, namely random sampling. The data collection technique used a questionnaire for academic fraud and diamond fraud while literacy used a test. The results showed that opportunity and ability had an effect on academic cheating while pressure, rationality and economic literacy had no effect. However, diamond fraud and economic literacy together have an effect on academic fraud