Development of a Website-Based School Information System at UPT SMP Negeri 7 Gresik
Penggunaan teknologi informasi dan penyediaan internet dalam bidang pendidikan dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selaras dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 bahwa sumber daya dan fasilitas yang memadai diperlukan untuk mencapai standar pendidikan nasional, termasuk penggunaan teknologi informasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi sekolah berbasis website di UPT SMP Negeri 7 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall oleh Winston Royce (1970) dalam enam tahapan dengan memanfaatkan jasa layanan free hosting, yakni wordpress. Hasil uji dalam penelitian ini memperoleh tingkat validasi ahli media sebesar 89,5% dan ahli materi sebesar 100% sehingga sangat layak untuk diujicobakan. Selanjutnya pada hasil uji coba pengguna skala kecil memperoleh tingkat kelayakan sebesar 81,9% dan uji coba pengguna skala besar sebesar 86,2%. Berdasarkan hasil uji validasi hingga uji coba sistem informasi sekolah berbasis website yang telah dikembangkan, dapat dinyatakan bahwa sistem informasi dinilai sangat layak dan efektif untuk digunakan. Dengan demikian, perlu dilakukan pemeliharaan lebih lanjut dan pembaruan yang aktif dari segala aspek demi keberlangsungan sistem informasi sekolah.
The use of information technology and the provision of the internet in the education sector can function as a means of improving the quality of education. In line with Government Regulation (PP) no. 19 of 2005 that adequate resources and facilities are needed to achieve national education standards, including the use of information technology. Therefore, the aim of this research is to develop a website-based school information system at UPT SMP Negeri 7 Gresik. The research method used is the SDLC (System Development Life Cycle) waterfall model by Winston Royce (1970) in six stages using free hosting services, namely WordPress. The test results in this research obtained a media expert validation level of 89.5% and material expert validation of 100%, so it is very suitable for testing. Furthermore, the results of small-scale user trials obtained a feasibility level of 81.9% and large-scale user trials of 86.2%. Based on the results of validation tests and trials of the website-based school information system that has been developed, it can be stated that the information system is considered very suitable and effective for use. Thus, it is necessary to carry out further maintenance and active updates from all aspects for the sustainability of the school information system.