INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA
KECIL UNTUK SISWA TUNANETRA
SMALL BALL GAME LEARNING MEDIA INNOVATION FOR
BLIND STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kelayakan media alat pembelajaran PANTERA (Papan Tembak
Tunanetra) yang dikembangkan untuk pembelajaran PJOK materi
permainan bola kecil bagi siswa tunanetra SMPLB YPAB,
Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan atau Research and Development
(RnD). Metode ini merupakan kegiatan mengembangkan produk
baru, model, prosedur, teknik, dan alat-alat yang didasarkan pada
metode dan analisis dari permasalahan yang spesifik. Model yang
digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model
prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif dan
menggariskan pada langkah-langkah pengembangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media
PANTERA sangat layak digunakan untuk pembelajaran PJOK
materi permainan bola kecil bagi siswa tunanetra dengan skor 88%
dari ahli media, 89% dari ahli materi. Media ini menjadi modifikasi
dan inovasi bagi guru PJOK terutama pada Sekolah Luar Biasa
(SLB) yang memiliki siswa disabilitas tunanetra. Namun, tetap
diperlukan pengembangan lebih lanjut khususnya pada penggunaan skala besar. Setelah melaui tahapan penelitian
pengembangan, terdapat beberapa saran untuk penyempurnaan
media, yaitu: 1) dalam penelitian ini, media PANTERA untuk
pembelajaran PJOK materi permainan bola kecil bagi siswa
tunanetra belum melalui seluruh tahapan penelitian R&D. Oleh
sebab itu, penelitian selanjutnya diharapkan mampu
menyempurnakan semua tahapan agar memperoleh hasil yang
lebih maksimal, 2) agar media PANTERA dapat digunakan secara
lebih luas bagi siswa tunanetra selain sekolah sasaran, diperlukan
uji coba skala besar secara komprehensif dan menambah validator
ahli.
Kata kunci : PANTERA, Tunanetra, Permainan Bola Kecil
This study aims to describe the feasibility of the PANTERA
(Visually Impaired Shooting Board) learning media developed for
physical education and sports learning (PJOK) focusing on small ball
games for visually impaired students at SMPLB YPAB, Surabaya. The
research method employed is Research and Development (R&D), which
involves the development of new products, models, procedures,
techniques, and tools based on specific problem analysis and methodology.
The model used in this development researches is a procedural model,
which is descriptive and outlines the steps of development.
Based on the results of the research, the PANTERA media is
highly feasible for use in PJOK learning for small ball games for visually
impaired students, with a score of 88% from media experts, 89% from
material experts. This media represents a modification and innovation for
PJOK teachers, especially in special schools (SLB) with visually impaired
students. However, further development is necessary, particularly for
large-scale use. After undergoing the development research stages, several
suggestions for media improvement were identified: 1) In this research,
the PANTERA media for PJOK learning in small ball games for visually
impaired students has not undergone all R&D stages. Therefore, subsequent research should complete all stages to achieve optimal results,
and 2) For the PANTERA media to be more widely used by visually
impaired students beyond the target school, comprehensive large-scale
trials and additional expert validation are needed.
Keywords : PANTERA, Visually Impaired, Small Ball Game