Perencanaan Pengembangan Fasilitas Sisi Darat di Pelabuhan Penyeberangan Bahaur Kabupaten Pulang Pisau
Land Side Facility Development Planning at the Bahaur Ferry Port, Pulang Pisau Regency
Pelabuhan Penyeberangan Bahaur merupakan satu satunya pelabuhan penumpang yang melayani penyeberangan laut dengan rute Bahaur ke Paciran Lamongan dengan status pelabuhan pengumpul. Dari data produktivitas peumpang dan kendaraan 3 tahun terakhir yang diperoleh dari Dinas Perhubungana dan KSOP Kabupaten Pulang Pisau, sejak tahun 2020 hingga 2022 terjadi peningkatan pengguna jasa, untuk penumpang meningkat sebesar 228% dan untuk kendaraan campuran sebesar 513 %. Dalam penyelenggaraannya Pelabuhan Penyeberangan Bahaur untuk fasilitas sisi daratnya masih belum optimal sehingga perlu dilakukan perencanaan pengembangan fasilitas sisi darat pelabuhan. Untuk melakukan perencanaan pengembangan fasilitas diperlukan angka peramalan pertumbuhan pengguna jasa yang dianalisis dengan metode regresi linier sederhana untuk tahun 2032. Berdasarkan hasil analisis peramalan diketahui jumlah pengguna jasa pada tahun 2032 sebanyak 46.363 penumpang dan 10.856 kendaraan campuran. Dari angka pertumbuhan tersebut didapati kebutuhan fasilitas sisi darat Pelabuhan Penyeberangan Bahaur untuk tahun 2032 berupa pengadaan dan penambahan luas untuk fasilitas sisi darat pelabuhan. Pengadaan dan penambahan luas fasilitas sisi darat kemudian dilakukan pendesainan ulang layout pelabuhan serta penataan pola alur lalu lintas penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Bahaur.
The Bahaur Crossing Port is the only passenger port serving sea crossings with the Bahaur route to Paciran Lamongan with the status of a collector port. From passenger and vehicle productivity data for the last 3 years obtained from the Department of Transportation and KSOP of Pulang Pisau Regency, from 2020 to 2022 there has been an increase in service users, for passengers increasing by 228% and for mixed vehicles by 513%. In the implementation of the Bahaur Ferry Port for its land side facilities it is still not optimal so it is necessary to plan for the development of port land side facilities. To carry out planning for facility development, it is necessary to forecast the growth of service users which are analyzed using the simple linear regression method for 2032. Based on the results of the forecasting analysis, it is known that the number of service users in 2032 is 46,363 passengers and 10,856 mixed vehicles. From this growth figure, it was found that the need for land side facilities at the Bahaur Crossing Port for 2032 is in the form of procurement and additional area for port land side facilities. Procurement and expansion of land side facilities was then carried out by redesigning the port layout and arranging the pattern of passenger and vehicle traffic flow at the Bahaur Ferry Port.