ABSTRAK
Hidayati, Nurul.
2024.
Pengaruh Permainan Sirkuit “Mini Pos Fantasi” Terhadap Kemampuan Motorik
Kasar dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Program Studi S2, Pendidikan
Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (1) Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi, M.Si dan
(II) Dr.Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd
Kata Kunci: Permainan Sirkuit “Mini Pos Fantasi”,
Motorik Kasar, Sosial Emosional
Penelitian ini
bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh permainan sirkuit “Mini Pos
Fantasi” terhadap kemampuan motorik kasar dan sosial emosional anak usia 5-6
tahun. Hal ini dilakukan karena rendahnya kemampuan motorik kasar dan sosial
emosional anak usia 5-6 tahun. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen nonrandomized
pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi sedangkan teknik analisis datanya adalah
statistik deskriptif dan statistik inferensial yang nantinya akan dihitung
dengan menggunakan SPPS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)
penerapan permainan sirkuit “Mini Pos Fantasi” memiliki pengaruh yang cukup
signifikan terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Hal ini
terlihat dari uji statistik
non-parametriks dengan uji Mann-Whitney U test yang menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed)
sebesar 0.004 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 5%. 2)
Penerapan permainan sirkuit “Mini Pos Fantasi” memiliki pengaruh terhadap
kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari hasil
uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) sebesar
0.001 yang merupakan nilai signifikansi lebih kecil dari 5%. Penelitian ini
dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan soaial emosional anak usia 5-6
tahun namun masih bersifat sederhana dan diharapkan dapat menjadi referensi
untuk penelitian lebih lanjut.
ABSTRAC
Hidayati, Nurul.
2024.
The Effect of the "Mini Post
Fantasy" Circuit Game on Gross Motor and Social Emotional Abilities in
Children Aged 5-6 Years, Thesis. Masters Study Program, Early
Childhood Education, Faculty of Education, Surabaya State University.
Supervisor: (1) Dr. Miftakhul Jannah,
S.Psi, M.Si dan (II)
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag.,
M.Pd
Keywords: "Mini Pos Fantasy" Circuit Game,
Gross Motor, Social Emotional
This research
aims to see the extent of the influence of the "Mini Pos Fantasi"
circuit game on the gross motor and social emotional abilities of children
aged 5-6 years. This is done because of the low gross motor and social
emotional abilities of children aged 5-6 years. The research method used in
this research is a nonrandomized experimental research method
pretest-posttest control group design. The data collection technique used is
observation, while the data analysis technique is descriptive statistics and
inferential statistics which will later be calculated using SPPS version 26.
The results of this study show that 1) the application of the "Mini Pos
Fantasi" circuit game has a quite significant influence on motor skills.
rough children aged 5-6 years. This can be seen from the non-parametric
statistical test with the Mann-Whitney U test which shows the Sig value.
(2-Tailed) is 0.004 which is a significance value smaller than 5%. 2) The
application of the "Mini Post Fantasy" circuit game has an
influence on the social emotional abilities of children aged 5-6 years. This
can be seen from the results of the independent sample t-test which shows the
Sig value. (2-Tailed) is 0.001 which is a significance value smaller than 5%.
This research can improve the gross
motor and social emotional skills of children aged 5-6 years, but it is still
simple and is hoped to be a reference for further research.
|