Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Gerak Lurus. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Desaign, dengan dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa kelas pembanding. Penelitian ini dilakukan di MTsN 4 Sidoarjo kelas VIII A semester kedua tahun akademik 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dengan persentase 84,6% pada pertemuan pertama dan 85,8% pada pertemuan kedua. Keterampilan berpikir kritis peserta didik juga mengalami peningkatan dari hasil rata-rata pre-test sebesar 39 meningkat menjadi 86 saat post-test, sehingga mengalami peningkatan berdasarkan kriteria N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak lurus mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 93 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi gerak lurus dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Discovery Learning, Berpikir Kritis
This study aims to describe the feasibility of learning, students 'critical thinking skills, and students' responses to the implementation of the Discovery Learning learning model in the material of Straight Motion. This type of research is a Pre Experimental Designation, conducted in one experimental class without a comparison class. This research was conducted at MTsN 4 Sidoarjo class VIII A in the second semester of the 2018/2019 academic year. Based on the results of the study, it can be said that learning can be carried out well with a percentage of 84.6% at the first meeting and 85.8% at the second meeting. Students' critical thinking skills also experienced an increase from the results of the pre-test average of 39 increased to 86 when the post-test, so that the increase based on N-gain criteria of 0.7 with high criteria. The application of the Discovery Learning model to improve critical thinking skills in straight-motion material gets a positive response from students with an average percentage of 93 with very good criteria. Based on this, it can be said that the application of the Discovery Learning model in straight-motion material can improve students' critical thinking skills.
,keywords: Learning, Discovery Learning, Critical Thingking