Pengaruh Corporate Social Responsibility, ROA, Leverage, Size Terhadap Agresivitas Pajak
THE EFFECT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, ROA, LEVERAGE, SIZE TOWARD TAX AGRESSIVENESS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, ROA, Leverage, Size terhadap Agresivitas Pajak yang diproksikan dengan nilai ETR. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria, penelitian menggunakan data sekunder yaitu data perusahaan manfuaktur yang terdaftar dalam BEI pada periode 2019. Data sampel yang diperoleh adalah 33 perusahaan, sumber lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber pada website IDX dan NCSR. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah secara simultan variable CSR, ROA, dan Size mempunyai hasil yang signifikan dan mempunyai pengaruh positif, sedangkan variable Laverage menunjukkan hasil signifikan dan pengaruh negative.
The purpose of this research is to analyze the effect of corporate social responsibility, ROA, Leverage, and Size on tax aggressiveness which is proxied by effective tax rate. This research uses a purposive sampling method by setting several criteria and uses secondary data, namely data on manufactured companies listed in IDX on period 2019, getting the results of 33 companies, data is obtained through access to the official IDX and NCSR websites, this research uses multiple linear regression analysis. The results of the research showed significant and positive effect results between the economic, environmental, social dimensions of CSR on tax aggressiveness, variable ROA, and size also showed significant and positive effect results on tax aggressiveness, while the result of leverage on tax aggressiveness is showed significant and negative effect.