KOLASE ZINE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN
BATIK MADURA OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 BANGKALAN
ZINE COLLAGE AS A MEDIA
FOR INTRODUCTION OF MADURESE BATIK
BY CLASS VII STUDENTS OF SMPN 2 BANGKALAN
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu meningkakan pengetahuan serta wawasan budaya daerah sendiri melalui kegiatan Kolase Zine, sebagai materi baru pada mata pelajaran Seni Budaya, meningkatkan kreativitas berkarya siswa melalui media baru, mengembangkan kreativitas siswa melalui kegiatan Kolase Zine, serta penggunaan limbah kertas sebagai bentuk pemanfaatan dan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan dari limbah kertas.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Proses pembelajaran Kolase Zine, (2) Hasil karya siswa dalam karya seni Kolase Zine, (3) Tanggapan guru dan siswa dalam berkarya Kolase Zine Sebagai Media Pengenalan Batik Madura.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan yang sesuai dengan Kolase Zine Sebagai Media Pengenalan Batik Madura oleh Siswa Kelas VII SMPN 2 Bangkalan.
Proses pembelajaran dilakukan selama tiga pertemuan. Pada pertemuan pertama membahas tentang pengenalan umum Kolase Zine seperti pengertian umum, unsur, prinsip, teknik, alat dan bahan serta tata cara pembuatan karya. Pertemuan kedua, siswa mulai membuat karya Kolase Zine di ruang kelas, karena pembuatan karya dibuat dengan bebas sesuai ide kreativitas siswa, untuk itu siswa membuat karya tersebut secara spontanitas tanpa harus membuat sketsa terlebih dahulu. Pertemuan ketiga, finishing karya dan pengumpulan karya siswa. Pada hasil karya Kolase Zine siswa terdapat 16 karya dari 16 kelompok dengan 6 karya masuk kategori sangat baik, 5 karya dengan kategori baik, dan 5 karya dengan kategori cukup. Selain terdapat penilaian pada hasil karya siswa tetapi terdapat juga penilaian pada saat proses pembelajaran terutama pada proses pembuatan karya. Tanggapan guru mata pelajaran Seni Budaya ibu Siti Fatimah dan siswa ini didapat melalui wawancara secara langsung. Pembelajaran Kolase Zine ini mendapat respon baik saat mengikuti pembelajaran maupun saat sedang berkarya. Pada pembelajaran ini juga terdapat beberapa kendala serta pemberian solusi pada pembelajaran.
Kata Kunci: Kolase Zine, Batik Madura, Media
The background to this research is increasing knowledge and insight into one's own regional culture through Zine Collage activities, as new material in Arts and Culture subjects, increasing student creativity through new media, developing student creativity through Zine Collage activities, and using waste paper as a form of utilization. and student awareness in protecting the environment from paper waste.
The aim of this research is to find out and describe: (1) The learning process of Zine Collage, (2) The results of students' work in Zine Collage artwork, (3) The responses of students and teachers in creating Zine Collage as a Media for Introduction to Madura Batik.
This research uses descriptive qualitative methods. The techniques used in collecting data are observation, interviews and documentation techniques. Data analysis techniques use data reduction, data presentation, and data verification or drawing conclusions in accordance with Zine Collage as a Media for Introduction of Madurese Batik by Class VII Students of SMPN 2 Bangkalan.
The learning process was carried out over three meetings. At the first meeting, a general introduction to Zine Collage was discussed, such as the general meaning, elements, principles, techniques, tools and materials as well as procedures for making works. In the second meeting, students started making Zine Collage works in the classroom, because the works were made freely according to the students' creative ideas, so the students made the works spontaneously without having to make a sketch first. The third meeting, finishing work and collecting student work. In the students' Zine Collage work there were 16 works from 16 groups with 6 works in the very good category, 5 works in the good category, and 5 works in the fair category. Apart from there being an assessment of students' work, there is also an assessment during the learning process, especially in the process of creating the work. The responses of the Cultural Arts subject teacher, Mrs. Siti Fatimah and the students, were obtained through direct interviews. This Zine Collage lesson received a good response both while taking part in the lesson and while working. And in this learning there are also several obstacles and providing solutions to the learning.
Keywords: Zine Collage, Madurese Batik, Media