Pengembangan Buku Panduan Cutting Stage berbasis Flipbook untuk Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini
Development of Flipbook based Cutting Stage Guidebook to Stimulate Fine Motor Skills in Early Childhood
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku panduan cutting stage berbasis flipbook yang digunakan guru atau orang tua mendukung perkembangan motorik halus anak terutama pada kegiatan menggunting. Penelitian ini yakni jenis penelitian pengembangan yang dikenal sebagai Research and Development (R &D). Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai desain penelitian. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 anak usia 5-6 tahun dari dua TK di Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan: TK Muslimat NU Assa'adah di Desa Wonorejo Kecamtan Glagah Kabupaten Lamongan dan TK Al-Falah di Desa Panggang Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Kuesioner dan pengamatan digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dipakai pada metode analisis data. Hasil uji coba yang dilakukan pada 30 anak sebelum menggunakan buku panduan cutting stage berbasis flipbook sebesar 47,34% dan meningkat menjadi 96,43% setelah uji coba menggunakan buku panduan cutting stage berbasis flipbook. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan cutting stage berbasis flipbook dapat menstimulasi motorik halus anak pada kegiatan menggunting. Hasil validasi ahli materi adalah 95%, hasil validasi pakar media 100%, dan hasil penilaian gabungan (materi dan media) oleh 6 guru PAUD adalah 97,91%. Dari penelitian ini menunjukkan pengembangan buku panduan cutting stage berbasis flipbook yang telah diuji cobakan dinyatakan valid dan layak serta efektif untuk menstimulasi motorik halus anak pada kegiatan menggunting, baik dalam pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Selain itu buku panduan cutting stage berbasis flipbook dikembangan memalui online yang akan memudahkan para orang tua dan guru untuk mempelajari dimana saja dan kapan saja tanpa harus takut buku hilang atau rusak.
Kata Kunci: Buku Panduan Cutting Stage, Flipbook, Motorik Halus.
Abstract
The purpose of this research is to produce a flipbook-based cutting stage guidebook and know the development process as well as to find out the results of the feasibility and effectiveness tests of the flipbook-based cutting stage guidebook developed. This research is a type of development research known as Research and Development (R&D). The ADDIE development model is used as a study design. The samples used in the study were 30 children aged 5-6 years from two kindergartens in Glagah Subdistrict, Lamongan Regency: TK Muslimat NU Assa'adah and TK Al-Falah. Questionnaires and observations are used to collect data. Quantitative and qualitative descriptive analysis is used in data analysis methods. The results of the trial conducted on 30 children before using flipbook-based cutting stage manuals by 47.34% and increased to 96.43% after the trial using flipbook-based cutting stage manuals. This shows that flipbook-based cutting stage guidebooks can stimulate children's fine motor in cutting activities. The material expert validation result is 95%, the media expert validation result is 100%, and combined assessment result (materials and media) of 6 PAUD teachers is 97.91%. From this research shows the development of flipbook-based cutting stage guidebooks that have been tested declared valid and feasible and effective to stimulate children's fine motor in cutting activities both in learning at school and at home.In addition a flib book based cutting stage guide ws developed online which will make it easier for parent and teacher to study anywhere and anytime without having to worry about losing or breaking books.
Keywords: Cutting Stage Guidebook, Flipbook, Fine Motoric.