Penerapan DINOv2 pada Content Based Image Retrieval (CBIR) dalam Website Katalog Digital Batik Surabaya
Implementation of DINOv2 in Content Based Image Retrieval (CBIR) on Surabaya Batik Digital Catalog Website
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Penerapan sistem teknologi model AI dengan metode pelatihan DINOv2 dalam CBIR untuk motif batik pada website katalog digital batik Surabaya, (2) Hasil pengukuran performa website katalog digital batik Surabaya, (3) dan hasil penilaian pelaku UKM batik Surabaya terhadap efektivitas website dalam membantu memperkenalkan dan memasarkan batik dengan motif khas Surabaya. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian menggunakan double diamond model meliputi empat tahap yaitu: Discover meliputi analisis informasi mengenai jenis-jenis batik Surabaya yang dijadikan sebagai sumber ide utama pembuatan Katalog digital berbasis web dengan menerapkan DINOv2, define yaitu menganalisis tahapan yang akan dilakukan dalam pengembangan dan perancangan Katalog Digital, Developyaitu pengembangan dari permasalahan yang ada pada tahap sebelumnya dengan solusi melakukan penyusunan storyboard, susunan gambar batik, rancangan desain katalog digital, dan elemen-elemen desain katalog digital, dan Deliver yaitu dilakukan pemikiran secara konvergen dan fokus kepada responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jumlah responden 18 orang pelaku UKM batik. Skala instrumen yang digunakan yaitu rating scale likert dengan interval 1- 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan DINOv2 dalam CBIR untuk motif batik Surabaya dapat dilakukan (2) Performa CBIR dapat mencapai 74% dengan rata-rata 64% (3) Katalog digital batik Surabaya dinilai efektif sebagai sarana informasi batik motif khas surabaya. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa secara keseluruhan website katalog digital batik Surabaya mendapatkan nilai yang baik. Katalog digital batik Surabaya bisa digunakan sebagai media pengenalan dan pemasran motif batik khas Surabaya sehingga bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat.
Kata Kunci: Batik Surabaya, CBIR, DINOv2, Katalog digital
This research is purposed to describe (1) the implementation of AI model technology trained using DINOv2 method in CBIR for Surabaya Batik Digital Catalog Website, (2) performance measurement result of the Surabaya Batik Digital Catalog Website, (3) and result of the assessment of Surabaya batik SMEs regarding the effectiveness of the website in introducing and marketing batik with typical motifs from Surabaya. The type of research is Descriptive Quantitative. The research method uses a Double Diamond model which includes four stages, namely: Discover, includes analysis of information regarding the types of Surabaya batik which is used as the main source of ideas for creating a web-based digital catalog using DINOv2. Define, is analyzing the stages that will be carried out in the Development and design of the Digital Catalog. Develop, the Development of the problems that existed in the previous stage with solutions by preparing storyboards, arranging batik images, designing digital catalog designs, and elements of digital catalog design, and Deliver, namely thinking in a convergent and focused manner on respondents. The data collection instrument used a questionnaire with 18 respondents from Surabaya batik SMEs. The instrument scale used is a Likert scale rating with an interval of 1- 4. The research results show that (1) The application of DINOv2 in CBIR for Surabaya batik motifs can be carried out (2) CBIR performance can reach 74% with an average of 64% (3) Surabaya batik Digital Catalog is considered effective as a means of information about Surabaya's typical batik motifs. Based on these results, it was concluded that overall the Surabaya batik digital catalog website received a good score. The Surabaya batik digital catalog can be used as a medium for introducing and marketing Surabaya's typical batikmotifs so that they can be more widely known by the public.
Keywords: CBIR, DINOv2, Digital Catalog, Surabaya Batik