ABSTRAK
Paramananda, Hutomo Putri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay
Berbantuan Media Powerpoint terhadap Aktivitas Belajar dan Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema Pahlawanku Kelas IV SDN
Sidodadi II/154 Surabaya. Tesis, Progam Studi Pendidikan Dasar, Progam
Pasacasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aminuddin
Kasdi, M.S.; (II) Prof . Dr. Wa hyu Sukartiningsih , M.Pd.
Kata Kunci : Model Kooperatif Course Review Horay , Aktivitas Belajar,
Keterampilan Berpikir Kritis.
Penelitian
ini bertujuan 1)
untuk menjelaskan adanya perbedaan aktivitas
belajar siswa kelas IV SDN Sidodadi II/154 Surabaya antara pembelajaran
dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint dan model
diskusi dalam pembelajaran IPS tema Pahlawanku; 2) untuk menjelaskan
adanya perbedaan keterampilan berpikir
kritis siswa kelas IV SDN Sidodadi II/154 Surabaya antara pembelajaran
dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint dan model
diskusi dalam pembelajaran IPS tema Pahlawanku.
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen.
Desain yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design . Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV
SDN Sidodadi II/154 Surabaya.
Teknik pengumpulan data pada variabel aktivitas ialah menggunakan lembar
observasi, dan untuk variabel ketrampilan berpikir kritis menggunakan lembar
soal pretest dan posstest . Analisis data untuk menjawab hipotesis
menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik uji-t (t-test ).
Hasil penelitian ini
menunjukkan terdapat peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Hasil analisis nilai N-gain kelas eksperimen
menunjukkan nilai 0,40 yang artinya peningkatan berkategori sedang. Pada kelas
kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,19 yang artinya peningkatan aktivitas
belajar siswa di kelas kontrol berkategori rendah. Selanjutnya hasil
analisis statistik deskriptif data ketrampilan berpikir kritis menunjukkan ada
perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol, yakni sebesar 14,88 dimana di
kelas eksperimen sebesar 86,70 dan di kelas kontrol sebesar 71,85. Berdasarkan
hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap aktivitas
belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS
tema Pahlawanku.
ABSTRACT
Paramananda, Hutomo Putri. 201 9 . The influence of cooperative learning model of
Course Review Horay supported by PowerPoint Media to students activity and
creativity in student critical thinking at s ocial subject under the theme My Hero of grade 4 SDN Sidodadi II/154 Surabaya. Thesis of Primary Education, Master Program of State
University of Surabaya. Advisor
(I) Prof. Dr. Aminuddin Kasdi, M.S.; (II) Prof . Dr. Wa hyu Sukartiningsih , M.Pd.
Key
word : C ooperative learning model of Course Review Horay , Student activity,
Creativity in Critical thinking
This research purposes 1) to explain the
differences in learning activities of fourth grade students of SDN Sidodadi II
/ 154 Surabaya between learning with cooperative learning model of course
review horay supported by PowerPoint Media and discussion models in social
studies learning theme of my hero; 2) to explain the differences in critical
thinking skills of fourth grade students of SDN Sidodadi II / 154 Surabaya
between learning with cooperative learning model of course review horay supported by PowerPoint
Media and
discussion models in social studies learning themes of my hero.
This
research is used kuantitative approach by experiment research method. Using
design of Nonequivalent control group
design. The research subject is grade 4 students of SDN Sidodado II/154
Surabaya. Collecting data technique of activity variable uses observation sheet
and for critical thinking creativity is used pretest and posttest. Data
analysis to prove the hypothesis use descriptive statistic and T-test statistic.
The
research result shows that there is enhancement of students activity treatment. The results of the N-gain value
analysis the experiment class shows a value of 0.40 which means an increase in
the medium category. In the control class, the N-gain value was 0.19, which
means an increase in student learning activities in the low category for control
class. Further more the result of critical thinking creativity descriptive
analysis shows that there is different of control class and experiment class,
about 14,88 which experiment class with 86,70 and controll class with 71,85.
Based on the analysis results, they can be concluded that cooperative
learning model of Course Review Horay supported by PowerPoint Media Media influences learning
activities and critical thinking skills of fourth grade students in social
studies learning theme of my hero.