PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBYEK WISATA KABUPATEN SITUBONDO
POSTER DESIGN AS A PROMOTIONAL MEDIA OF SITUBONDO REGENCY TOURISM OBJECT
Abstrak
Kabupaten Situbondo memiliki banyak tempat berpotensi dalam bidang pariwisata namun masih banyak tempat wisata yang kurang dikenal masyarakat. Salah satunya bernama “Pantai Grand Pathek”. Dampak Covid-19 pada tempat wisata ini sangat berpengaruh buruk, sehingga pengunjung menurun sangat signifikan. Hal ini disampaikan oleh Bapak Aji Djasmoto sebagai pengelola tempat wisata pada saat penulis melakukan wawancara. Promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola hanya melalui media sosial, hal ini menyebabkan masyarakat yang kurang aktif dalam bermedia sosial kurang mengetahui wisata ini. Oleh karena itu penulis bertujuan merancang poster sebagai media promosi Pantai Grand Pathek sebagai obyek wisata kabupaten Situbondo. Manfaat perancangan agar dapat membantu pihak pengelola dalam mempromosikan tempat wisata ini. Penelitian menggunakan metode kualitatif karena memiliki sifat umum, fleksibel, eksploratif serta dapat berkembang seiring proses berjalannya penelitian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data SWOT. Berdasarkan analisis data dilakukan tahap konsep desain, visualisasi desain hingga menghasilkan final desain berupa dua desain poster. Penerapan poster akan dipasang oleh pengelola wisata sesuai rencana yaitu di Alun-alun Situbondo, Taman Pancing, dan disekitar lokasi wisata
Abstract
Situbondo regency has many potential places in the field of tourism but there are still many tourist attractions that are less known to the public. One of them is called "Grand Pathek Beach". The impact of Covid-19 on this tourist attraction is very bad, so visitors decrease very significantly. This was conveyed by Mr. Aji Djasmoto as the manager of the tourist attraction at the time of the author's interview. Promotion conducted by the management only through social media, this causes people who are less active in social media less aware of this tour. Therefore, the author aims to design posters as a promotional media of Grand Pathek Beach as a tourist attraction in Situbondo regency. The benefits of design in order to help the management in promoting this tourist attraction. Research uses qualitative methods because it has general, flexible, explorative properties and can develop as the research progresses. Data collection through observation, interview and documentation, then using SWOT data analysis techniques. Based on data analysis conducted design concept stage, visualization of design to produce final design in the form of two poster designs. The application of posters will be installed by the tour manager as planned, namely in Situbondo Square, Fishing Park, and around tourist sites.