Berhitung merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Perkembangan Teknologi telah merambat kedunia pendidikan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan untuk dapat menunjang siswa autis dalam berhitung adalah game edukasi Bamber berbasis android.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak autis melalui pemanfaatan game edukasi Bamber di SLB Mutiara Hati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan model desain yang digunakan adalah multi-case study. Data tersebut diperoleh melalui observasi dan tes tulis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian melalui pemanfaatan game edukasi Bamber berbasis Android.
Kata Kunci = kemampuan berhitung, siswa autis, dan game edukasi Bamber.
Counting was the important part in daily life which required to be taught to the children since early. The technology development had reached to education world as a learning media. The learning media used to be able to support the autism students in counting was Bamber education game base android.
This research had purpose to know the enhancement of the autism children’s counting ability through the usage of Bamber education game in SLB Mutiara Hati Sidoarjo. This research used qualitative method. The design used in this research was case study and the design model used was multi-case study. The data was obtained through observation and written test. The research result could be concluded that there was ability enhancement of counting addition, subtracting, multiplication, and division through the usage of Bamber education game base android.
Keywords: Counting ability, autism students, and Bamber education game