ABSTRAK
Sriwahyuni, Yuyun. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Nilai Moral Anak di Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (II) Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi., Psikolog.
Kata kunci: Media video, Pendidikan karakter, Nilai moral
Penelitian ini bertujuan untuk :1) untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran pada lembaga yang telah diobservasi oleh peneliti dengan mengembangkan media video pembelajaran berbasis karakter sesuai dengan kebutuhan yang ada di Tk Luncup Lestari, Wiyung. 2) Mengetahui keefektifan media video pembelajaran berbasis karakter untuk meningkatkan perkembangan nilai moral anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain penelitian Dick and Carrey. Subyek penelitian anak kelompok B di TK Kuncup Lestari, Wiyung tahun ajaran 2019/2020 sejumlah 9 anak. Uji kefektifan data menggunakan dua rumus t-test yaitu separated varians dan rumus t-testpolled varians. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar observasi, lembar angket dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Pengukuran kelayakan media video pembelajaran berbasis karakter ini berdasarkan uji ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar melalui tahap revisi. Hasil uji uji lapangan ini dilakukan selama sepuluh kali pertemuan dengan cara membandingkan hasil tes antara kelas eksperimen yang memakai video berbasis karakter yang telah penulis kembangkan dan kelas control yang menggunakan buku cerita atau gambar peraga dalam mengajarkan pembelajaran karakter.
Analisa data dalam uji lapangan, menunjukkan bahwa thitung lebih kecil dari pada ttabel (0.75>2.110). Hasil ini menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan rumus ini memberitahukan kepada kita bahwa media video pembelajaran berbasis karakter dapat meningkatkan perkembangan nilai moral anak pada kelas eksperimen dan memberikan perubahan yang sangat signifikan dalam menerapkan karakter secara kesehariannya dibandingkan kelas control.
ABSTRACT
Sriwahyuni, Yuyun. The Development of Video Media based on character to Enhance the Moral Values of Kindergarten Students of B Group. The Thesis of Elementary Education Field Study Majoring in Nursery, Post Graduate of Surabaya of State University. The Advisor: Prof. Dr. Mustaji, M.Pd and Co-reader: Dr. Umi Anugrah Izzati, M.Psi., Psikolog.
Key Word: Video Media, Character Education, Moral Value
The purposes of research are 1) To fulfil the learning necessity of the Education Institution which is observed by the researcher by developing the video media with character based, as it is needed by TK Luncup Lestari, Wiyung. 2) Knowing the effectiveness of video media learning with character based to enhance the moral value of kindergarten B group.
The research and development is applying Dock and Carrey's research design. There are subjects of research in the B group of TK Luncup Lestari, Wiyung with 2019/2020 academic year. The data of effectiveness test applies two patterns, they are: t-test separated varins and t-testpolled varins. The collecting data technic are applying observation, polling, and interview sheets. The data analysis is the collaboration between qualitative and quatitative data.
The proper measurement of video media learning with character based is based on the expert, individual, small group, and big group experimnts by revised phase. The results of field experiments have been conducted for ten meetings by comparing the results of tests between the experiment class which is applying video with character based and control class which is using the story book or visual-aid in teching the character.
Data analysis in field experiment, showing that tcounting is smaller than ttable (0.75>2.110). The result of the experiment tells that Ho is rejected and Ha is accepted. The measurement of this pattern is showing us that video media learning with character based can improve the students moral value development in experiment class and give the significan changing toward the character application in daily activity comparing with class control.