ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MEMERIKSA KEMBALI PADA PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL
ANALYSIS OF ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN LOOKING BACK CONTEXTUAL PROBLEM SOLUTION
Memeriksa kembali merupakan kegiatan penting pada tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memeriksa kembali siswa dalam pemecahan masalah kontekstual topik perbandingan. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII SMP Negeri di Surabaya tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian ini berupa tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan melihat hasil tes dan wawancara pada subjek yang mengacu pada 4 indikator memeriksa kembali, yaitu 1) memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh, 2) mencari cara penyelesaian lain, 3) menggunakan metode untuk menyelesaikan masalah lain, 4) menggeneralisasi berbagai cara penyelesaian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan, pada memeriksa jawaban, semua siswa mampu memeriksa jawaban dengan baik dan benar. Pada indikator mencari jawaban menggunakan cara lain, terdapat 2 siswa yang belum mampu mencari jawaban menggunakan cara lain. Lalu, pada penggunakan metode untuk menyelesaikan masalah lain, semua siswa mampu menerapkan ke dalam permasalahan kontekstual lain. Sedangkan untuk menggeneralisasi atau menarik kesimpulan jawaban yang diperoleh dari berbagai cara, semua siswa mampu membuat kesimpulan mengenai berbagai penyelesaian yang digunakan dalam memecahkan masalah. Masih ditemukannya siswa yang belum mampu menemukan cara lain untuk menyelesaikan masalah, maka pada pembelajaran pemecahan masalah perlu dibiasakan menuntut siswa mengembangkan cara lain dalam menyelesaikan masalah.
Kata Kunci: Masalah kontekstual, Memeriksa Kembali, Pemecahan Masalah, Perbandingan.
Looking back is an important activity in problem solving. This study aims to describe the ability to looking back students in solving contextual problems of proportion topics. The subjects of this study were 4 students of class VIII SMP Negeri in Surabaya for the academic year 2021/2022. The instrument of this research is are problem solving test, and an interview guide. The data analysis technique is done by looking at the results of tests and interviews on subjects that refer to 4 indicators of looking back, namely 1) check the correctness of the answers obtained 2) looking for another solution 3) use methods to solve other problems 4) generalizing the answers that have been obtained. The results showed, in checking the answers, all students were able to check the answers properly and correctly. In the indicator of looking for answers using other methods, there are 2 students who have not been able to find answers using other methods. Then, using the methods to solve other problems, all students were able to apply them to other contextual problems. Meanwhile, to generalize or draw conclusions from answers obtained from various ways, all students are able to make conclusions about various solutions used in solving problems. There are still students who have not been able to find other ways to solve problems, so in problem solving learning it is necessary to get used to demanding students to develop other ways to solve problems.
Keywords: Contextual Problem, Looking Back, Problem Solving, Proportion.