Komunitas adalah kelompok sosial dalam suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang berinteraksi dalam lingkungan tertentu dan umumnya memiliki minat yang sama. Salah satunya adalah Komunitas One Piece Kolektor Indonesia, yang biasa disingkat KOPKI. Komunitas ini adalah tempat berkumpul bagi pecinta serial manga Negara Jepang dengan judul One Piece. KOPKI dibentuk pada tanggal 13 Oktober 2013 yang berlokasi di Kota Jakarta, dengan tujuan mengumpulkan kolektor One Piece di seluruh Indonesia. Awal mula munculnya komunitas kolektor One Piece Indonesia adalah ketika seorang pencinta One Piece berkeinginan untuk membuat komunitasnya sendiri di mana komunitas tersebut nantinya akan menjadi naungan berkumpulnya para kolektor dan pecinta serial manga One Piece dari seluruh Indonesia. Kemudian terbentuklah komunitas baru yang disebut KOPKI merupakan singkatan dari Komunitas One Piece Kolektor Indonesia. Setelah itu, KOPKI memulai kegiatan pertama mereka dengan membuat acara Meet and Great di kota Jakarta sebagai langkah pertama mereka untuk memperkenalkan Komunitas One Piece Kolektor Indonesia. Dan ternyata para antusias pecinta One Piece meresponnya dengan baik acara Meet and Great dengan banyaknya peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut sehingga melebihi apa yang anggota KOPKI harapkan dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat acara yang lebih besar, yaitu event gathering dengan bertujuan untuk semakin memperdalam hubungan persudaraan sesama anggota KOPKI.
Disini penulis menggunakan metode perancangan dengan mengambil data secara langsung mengenai permasalahan apa yang sedang terjadi di KOPKI Regional Surabaya sebagai penunjang sumber data primer sedangkan untuk data pelengkap yaitu sekunder penulis melakukan pencarian relevan yang di dapat dari buku buku yang berhubungan dengan event, media promosi, dsb yang menyangkut data dari tugas akhir penulis ini di perpustakaan, serta melakukan wawancara langsung ke salah satu pendiri KOPKI Regional Surabaya untuk mengetahui tingkat keperluan serta kepentingan yang dilakukan dalam metode perancangan. Dan juga penulis menggunakan metode analisis SWOT sebagai permasalahan yang dihadapi KOPKI Regional Surabaya. Hasil dari tugas akhir ini ialah berupa video animasi 3D stop motion, menambahkan serta memperbaiki beberapa unsur event yang kurang ada di event gathering KOPKI Regional Surabaya, meperbaharui merchandise sehingga kedepannya bisa menyesuaikan dengan tema event gathering ini. Kesimpulan dalam merancang media promosi event dan memvisualisasikan media promosi event kepada masyarakat umum membutuhkan data yang valid dan akurat serta menambahkan beberapa hal yang sedang menjadi trending masa kini sehingga diharapkan bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi target audience
Kata Kunci : Media Promosi, Komunitas One Piece Kolektor Indonesia Regional Surabaya.
Community is a social group in a society consisting of several individuals who interact in certain environments and generally have the same interests. One of them is Komunitas One Piece Kolektor Indonesia, commonly abbreviated as KOPKI. This community is a gathering place for lovers of the Japanese State manga series One Piece. KOPKI was formed on October 13, 2013, located in the City of Jakarta, with the aim of collecting One Piece collectors throughout Indonesia. The beginning of the emergence of the One Piece Indonesian collector community was when a lover of One Piece wished to create his own community where the community would later become the auspices of the gathering of One Piece manga serial collectors and lovers from all over Indonesia. Then a new community was formed called KOPKI which stands for the Komunitas One Piece Kolektor Indonesia. After that, KOPKI began their first activity by creating a Meet and Great event in Jakarta as their first step to introduce Komunitas One Piece Kolektor Indonesia the Meet and Great event with the large number of participants who participated in the event so that they exceeded what they expected so that in the end they decided to make a bigger event, namely Gathering to further deepen the relationship between fellow KOPKI member.
Here the author uses the design method by taking data directly about the problems of what is happening in KOPKI Regional Surabaya as a support for primary data sources while for supplementary data, namely secondary authors do relevant searches obtained from books related to events, media promotions, etc. concerning data from this authors final assignment report in the library, as well as conducting interviews directly with one of the founders of the Surabaya Regional KOPKI to find out the level of needs and the interests carried out in the design method. And also the author uses the SWOT analysis method as a problem faced by the Surabaya Regional KOPKI. The result of this final project report is in the form of a 3D stop motion animation video, adding and fixing some elements of the event that are lacking at the Surabaya Regional KOPKI gathering event, updating merchandise so that in the future it can adjust to the theme of this gathering event. Conclusion in designing event promotion media and visualizing event promotion media to the general public requires valid and accurate data and adds a number of things that are becoming trending today so that it is expected to make the target audience a special attraction.
Keywords : Promotion Media, Komunitas One Piece Kolektor Indonesia Regional Surabaya.