FAKTOR KESULITAN BELAJAR HURUF HIRAGANA SECARA DARING SISWA KELAS X IPS SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
FACTORS OF DIFFICULTY LEARNING HIRAGANA LETTERS ONLINE FOR STUDENTS OF CLASS X IPS 2 SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA
Kesulitan belajar adalah siswa mengalami kesulitan yang disebabkan oleh faktor tertentu. Beberapa penyebab kesulitan belajar bahasa Jepang adalah menghafal kosakata baru, memahami pola kalimat, menghafal huruf kana, dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini hanya akan fokus pada kesulitan belajar huruf hiragana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dialami siswa. Selain itu, untuk mengetahui persentase faktor yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pada faktor instrinsik, siswa kelas X IPS 2 memiliki minat yang sedikit pada pembelajaran huruf hiragana. Lalu pada faktor ekstrinsik, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak mudah dipahami oleh siswa kelas X IPS 2 sehingga dapat menyebabkan kesulitan belajar huruf hiragana. Selain itu, pada situasi lingkungan rumah beberapa siswa mengalami ganguan pada berlangsungnya pembelajaran seperti jaringan Wi-Fi lambat. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar huruf hiragana ada pada faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan rata-rata faktor kesulitan belajar instrinsik adalah 36,27%, sementara rata-rata faktor kesulitan belajar ekstrinsik adalah 20,8%. Lalu untuk rata-rata faktor kesulitan instrinsik dan ekstrinsik yang dialami oleh peserta didik sebanyak 57,1%. Berdasarkan hasil tersebut faktor kesulitan belajar huruf hiragana pada siswa kelas X IPS 2 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya ada pada klasifikasi "Sedang".
Students experience difficulties in studying can be caused by certain factors. Some of the causes of difficulty in learning about Japanese are memorizing new vocabulary, understanding sentence patterns, memorizing kana letters, and others. And this research will only focus on the difficulty of learning hiragana letters. The purpose of this research is to find the factors of learning difficulties that the students are experiencing. Another reason this research is conducted to determine the percentage of factors that can cause students to have learning difficulties. The method that was used for this research is descriptive quantitative. On the intrinsic factor, students of class X IPS 2 have little interest in learning hiragana letters. Then on the extrinsic factor, the learning method that being used by the teacher is not easily understood by students of class X IPS 2 so that it can cause difficulties in learning hiragana letters. In some situations, the students experience disturbances in the learning process, such as a slow Wi-Fi network. Based on the results of the research above, it can be concluded that the difficulty of learning hiragana letters is can be caused by intrinsic and extrinsic factors. Based on the results of research that has been done the average intrinsic learning difficulty factor is 36.27%, while the average extrinsic learning difficulty factor is 20.8%. And the average intrinsic and extrinsic difficulty factors that the students faced are as many as 57.1%. Based on these results, the difficulty factor in learning hiragana letters in students of class X IPS 2 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya is "Medium".