Sulistyowati , 2020. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media QR
Barcode Scanner Terhadap Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Siswa
Kelas VI SD. Tesis Program Study Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. (2) Dr.
Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Kata
Kunci : Kooperatif Make
a Match , Qr Barcode Scanner , Kerjasama, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media qr barcode
scanner ( MAMA Q CORNER) terhadap keterampilan kerjasama dan hasil belajar
IPS siswa kelas VI SD, materi menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan
dalam lingkup ASEAN. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan kuasi eksperimen pretest dan postest
kontrol grup. Subjek penelitian kelas eksperimen 21 siswa SD Negeri Bendo
Bojonegoro, sedangkan kelas kontrol sebanyak 19 siswa SD Negeri Mojoranu
Bojonegoro tahun pelajaran 2021/2022. Variabel penelitiannya model pembelajaran
kooperatif tipe make a match , qr barcode scanner , keterampilan kerjasama
dan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi,
dan tes hasil belajar. Teknik analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dengan
software SPSS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode
pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media qr barcode
scanner dapat meningkatkan keterampilan kerjasama dalam kelompok. Tingkat
pencapaian skor kerjasama rerata 90% kriteria
sangat memuaskan, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar 68% kategori
baik, dengan signifikan Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,018 kurang dari 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara kelas eksperimen
dengan kelas kontrol.