Menganyam merupakan salah satu kegiatan seni tradisi tertua didunia. Sejak dulu kegiatan menganyam menjadi sebuah tradisi yang sifatnya turun-temurun dan dijadikan hobi atau perkerjaan sampingan bahkan dijadikan sebuah industri rumahan. Salah satu industri rumahan yang berhasil mengembangkan usahanya dan mencapai pasar ekspor adalah CV. Rizqan Mufidah. Walau demikian keberhasilan tersebut harus ditunjang dengan suatu usaha pengembangan produk, maka dari itu pengrajin dituntut lebih inovatif dan kreatif lagi dalam mengembangkan anyamannya. Ada keunggulan yang dimiliki oleh CV. Rizqan Mufidah yakni dari segi kualitas bahan baku eceng gondok dan komitmen dalam penggunaan warna dasar alami dari eceng gondok itu sendiri. Dari potensi anyaman tersebut masih diperlukannya inovasi dalam pengembangan bentuk produk karena untuk produk tidak monoton dan mengurangi tingkat persaingan dengan produk lain yang sangat ketat.
Saat ini konsumen kerajinan anyaman eceng gondok bermacam generasi sehingga diperlukannya inovasi dan ide-ide baru dalam pengembangan produk anyam eceng gondok itu sebagai sebuah kewajiban pengrajin. Inovasi dan ide-ide baru itulah yang dibutuhkan pengrajin dalam mengembangkan dan mempertahankan kerajinan anyaman eceng gondok diera sekarang. Dari hal tersebut ada dua yang menjadi landasan penelitian ini, yakni bagaimanakah mengembangkan desain - desain anyaman eceng gondok di CV. Rizqan Mufidah? dan sejauh mana hasil eksplorasi ide-ide yang dapat diterima oleh masyarakat?.
Dalam proses penelitian pengembangan desain anyaman eceng gondok ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Menurut Sugiyono, dalam metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tertentu. Untuk teknik pengumpulan data penelitian pengembangan ini adalah wawancara, observasi dan kuesioner.
Kerajinan anyaman eceng gondok di CV. Rizqan Mufidah dikembangkan menjadi 12 desain produk yakni 4 tas, 2 meja, 2 lampu, 2 kursi, 2 rak sepatu. Dari hasil 12 desain tersebut divalidasi, dan dilakukan uji coba produk pada 6 desain yaitu: 1 rak sepatu, 1 kursi anak, 1 meja, 1 lampu, dan 2 tas. Dilihat dari hasil kuesioner mengenai hasil produk yang telah dikembangkan, dari 30 jumlah responden rata-rata menilai baik/minat dan sangat baik/minat pada lembar kuesioner terhadap produk-produk yang telah dikembangkan. Jenis pertanyaan mengenai penerapan bentuk, penggunaan motif, dan tingkat minat responden pada produk pengembangan desain anyaman eceng gondok.
Kata kunci: Pengembangan, Anyaman, Eceng Gondok.
Weaving is one of the oldest artistic traditions in the world. Since then, the activity of weaving into a tradition that is hereditary and used as hobby or side work is even used as a home industry. One of the home industry that successfully develops its business and reaches the export market is CV. Rizqan Mufidah. Nevertheless, the success must be supported by a product development effort, hence the craftsmen demanded more innovative and creative again in developing the question. There are advantages that are owned by CV. Rizqan Mufidah that is in terms of quality raw material hyacinth and commitment in the use of natural basic color from the water hyacinth itself. From the potential of the woven it still needs innovation in the development of the product form because for the product is not monotonous and reduce the level of competition with other products are very strict.
Nowadays, consumers craft water hyacinth hyacinth Various generations so that the innovations and new ideas in the development of the product of the water hyacinth it as a duty of craftsmen. Innovations and new ideas that are needed craftsmen in developing and maintaining the weaving craft water hyacinth hyacinth Diera now. From this, there are two that are the foundation of this research, namely how to develop the design of weaving hyacinth in CV. Rizqan Mufidah? and the extent of the results of the exploration of ideas acceptable to the community?.
In the process of research development of the design of this water hyacinth mumps researcher using research and development methods (R&D). According to Sugiyono, in this research method is used to produce certain products, and to test the effectiveness of certain products. For this development research data collection techniques are interviews, observations and questionnaires.
Craft water hyacinth in CV. Rizqan Mufidah developed into 12 product design namely 4 bags, 2 tables, 2 lamp, 2 seats, 2 shoe shelf. From the results of the 10 designs are validated, and carried out product trials on 6 designs are: 1 shoe shelf, 1 child seat, 1 table, 1 lamp, and 2 bags. Judging from the results of the questionnaire on the results of products that have been developed, from 30 average respondents number of good/interest and very good/interest in the questionnaire sheet to the products that have been developed. Types of questions regarding the application of the form, the use of motifs, and interest rate of respondents in the product development design water hyacinth weaving.