Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran berupa Trainer Filter Analog pasif dan aktif yang berbasis
penguat operasional pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas
XI dengan kriteria valid dilihat dari hasil validasi, praktis ditinjau dari
respon siswa, dan efektif dinilai dari
hasil belajar peserta didik.
Desain penelitian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan (R&D), dengan menerapkan desain uji coba
One-Shot Case Study pada uji penerapan produk. Penelitian mengambil tempat
di SMK Negeri 3 Jombang dengan subyek penelitian siswa kelas XI TAV dengan jumlah
31 siswa dari 33 siswa.
Produk yang dikembangkan adalah Trainer
Filter Analog pasif dan aktif berbasis penguat operasional dan lembar kerja
siswa (Jobsheet ). Instrument penelitian yang diguanakan adalah lembar
validasi Trainer Filter Analog , lembar validasi jobsheet , soal
evaluasi pengetahuan, lembar observasi kompetensi keterampilan peserta didik,
serta angket respon peserta didik. Analisis kompetensi siswa menggunakan
analisis deskriptif untuk mengungkapkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan
peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan
tingkat kevalidan Trainer Filter Analog pasif dan aktif berbasis penguat
operasional sebesar 88,88%, tingkat kevalidan jobsheet 90%. Trainer
beserta jobsheet dapat dikatakan efektif, merujuk pada hasil belajar
siswa ranah kognitif dengan rerata 88.38,
ranah psikomotor 86.13 dengan rata – rata nilai akhir sebesar 86.81.
Sedangkan untuk kepraktisan dari nilai respon siswa mendapatkan poi n sebesar 84.08%. melihat dari hasil – hasil yang
dikemukakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan trainer
filter analog pasif dan aktif berdasarkan penguat operasional yang layak
digunakan ditinjau dari hasil validasi, keefektifan dan juga kepraktisan.
Kata kunci : Trainer Filter Analog , j obsheet ,
m edia Pembelajaran.