Efektifitas Pembelajaran Online Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2021/2022
The Effectiveness of Japanese online learning for X grade students at SMAN 2 Bojonegoro in the academic year of 2020/2021
Adanya pandemi yang terjadi saat ini mengakibatkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona di Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi dan gambaran terkait pelaksanaan pembelajaran online yang dilakukan di SMAN 2 Bojonegoro serta menganalisis seberapa efektif pembelajaran online Bahasa Jepang dari sudut pandang siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMAN 2 Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket dan tes melalui google form. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan belajar secara online berjalan dengan lancar. Pembelajaran dilakukan menggunakan aplikasi zoom sementara untuk tugas menggunakan google classroom. Pembelajaran online Bahasa Jepang dinilai sangat efektif menurut siswa, pembelajaran online sangat fleksibel dari segi waktu dan tempat hanya saja terdapat sedikit kendala yang dialami ketika pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran online, Bahasa Jepang
The current pandemic has resulted in teaching and learning activities being carried out online. This is conducted in order to break the chain of COVID-19 Transmission in Indonesia. The research objective was to obtain information and descriptions related to the implementation of online learning conducted at SMAN 2 Bojonegoro and to analyze the effectiveness of Japanese online learning from the student's point of view. The research subjects were students of class Tenth grade second social sciences class of SMAN 2 Bojonegoro. Data collection was carried out by distributing questionnaires and tests via google form. Meanwhile, Miles and huberman were used as a data analysis technique. The results of this study indicated that the implementation of online learning runs smoothly. learning process is conducted by using the temporary zoom application meanwhile google classroom platform used for assignment. According to the students, Japanese online learning is very effective, online learning is very flexible in terms of time and place, but there are few obstacles experienced when learning takes place.
Keywords: Effectiveness, Online Learning, Japanese Language