Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi “Strategi Dakwah Dan Perkembangan Islam Di Indonesia” Siswa Kelas XII SMKN 1 Jombang
The Effect of Learning Video Media on Learning Outcomes on the Material "Dakwah Strategy and Islamic Development in Indonesia" Class XII Students of SMKN 1 Jombang
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMKN 1 Jombang pada materi “Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia”. Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang memiliki tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa, angket untuk mengetahui kelayakan dari media video, dan tes yang berupa pre-tes dan post-tes untuk mengetahui pengaruh dari media video. Subjek dalam penelitian ini yaitu: (1) 1 ahli materi (2) 1 ahli media, dan (3) 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert untuk uji kelayakan, validitas dan reliabilitas untuk uji instrumen, normalitas dan homogenitas untuk menguji sampel data, dan uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media tersebut termasuk kategori sangat layak. Uji validitas instrumen ahli materi didapatkan jumlah instrumen valid 24, uji validitas instrumen ahli media didapatkan jumlah instrumen valid 20, uji validitas instrumen pre tes didapatkan jumlah instrumen valid 5 dan tidak valid 5, uji validitas instrumen post-tes didapatkan jumlah instrumen valid 6 dan tidak valid 4. Uji reliabilitas ahli materi termasuk kategori reliabilitas tinggi, uji reliabilitas ahli media termasuk kategori sangat tinggi, uji reliabilitas pre-tes termasuk kategori tinggi, uji reliabilitas post-tes termasuk kategori tinggi. Uji normalitas data pada kelas kontrol dan kelas eksperimen termasuk pada distribusi normal. Uji homogenitas pada kelas kontrol dan eksperimen berada pada distribusi homogen. Hasil uji-t didapatkan T hitung > T tabel sehingga disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari isi videonya dan media video juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : pengaruh, media video pembelajaran, strategi dakwah dan perkembangan islam di indonesia
This study aims to determine the effect of learning video media on the learning outcomes of class XII students at SMKN 1 Jombang on the material "Dakwah Strategy and Islamic Development in Indonesia". This development model uses the ADDIE model, which has the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research method used is interviews to find out the problems faced by students, questionnaires to determine the feasibility of video media, and tests in the form of pre-tests and post-tests to determine the effect of video media. The subjects in this study were: (1) 1 material expert (2) 1 media expert, and (3) 28 students. The data analysis technique used a Likert scale to test the feasibility, validity and reliability for the instrument test, normality and homogeneity to test the sample data, and t-test to determine student learning outcomes. The validation results from material experts and media experts are in the very feasible category. The test of the validity of the material expert instrument obtained the number of valid instruments 24, the instrument validity test of the media expert obtained the number of valid instruments 20, the pre-test instrument validity test obtained the number of valid instruments 5 and invalid 5, the post-test instrument validity test obtained the number of valid instruments 6 and not valid 4. The material expert reliability test is in the high category of reliability, the media expert reliability test is in the very high category, the pre-test reliability test is in the high category, and the post-test reliability test is in the high category. The normality test of the data in the control class and the experimental class is included in the normal distribution. The homogeneity test in the control and experimental classes was in a homogeneous distribution. The results of the t-test obtained T count > T table so that it was concluded that the video media that had been developed was feasible to be used in learning in terms of the video content and video media also had a positive effect on student learning outcomes.
Keywords: influence, learning video media, da'wah strategies and the development of Islam in Indonesia