MATERI PEMBELAJARAN GRUEßEN DALAM APLIKASI MEMRISE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA SMA KELAS X SEMESTER 1
GRUEßEN LEARNING MATERIALS IN THE MEMRISE APPLICATION FOR LISTENING SKILLS FOR HIGH SCHOOL CLASS X SEMESTER 1
Seiring berkembangnya teknologi dan informasi di era 4.0 menjadikan pembelajaran bahasa semakin kreatif dan inovatif. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai media pembelajaran seperti aplikasi online yang dapat mendukung kualitas belajar dan menarik minat peserta didik. Sesuai dengan kurikulum 2013, bahasa Jerman menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing di Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan penting untuk dipelajari oleh peserta didik pada pembelajaran bahasa Jerman. Berdasarkan hal diatas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar bahasa Jerman bagi peserta didik kelas X semester 1 yang menggunakan aplikasi Memrise sesuai dengan kurikulum 2013 dengan rumusan masalah yaitu apakah materi dalam Aplikasi Memrise sesuai dengan pembelajaran bahasa Jerman kurikulum 2013 untuk keterampilan menyimak siswa Sekolah Menengah Akhir kelas X semester I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode dokumentasi. Data yang digunakan bersumber dari aplikasi belajar Bahasa Jerman Memrise. Pengambilan data berfokus pada keterampilan menyimak dan dialog sederhana yang terdapat pada aplikasi belajar Bahasa Jerman Memrise. Setelah itu data dari aplikasi tersebut dianalisis berdasarkan peta uraian materi bahasa Jerman kelas X semester 1 pada kurikulum 2013 meliputi kesesuaian materi pada peta uraian dengan materi pada aplikasi Memrise. Hasil dari penelitian terdapat 3 level pada Memrise yang dapat digunakan sebagai materi untuk pembelajaran tema Grueßen.
Kata Kunci: Keterampilan menyimak, Aplikasi Memrise, Materi pembelajaran Grueßen
Along with the development of technology and information in the 4.0 era, language learning is increasingly creative and innovative. This is marked by the emergence of various learning media such as online applications that can support the quality of learning and attract students' interest. In accordance with the 2013 curriculum, German is one of the foreign language subjects in Senior High Schools, Vocational High Schools, and Madrasah Aliyah. Listening skills are important skills to be learned by students in learning German. Based on the above, this study aims to describe German teaching materials for class X students in semester 1 who use the Memrise application in accordance with the 2013 curriculum with the formulation of the problem, namely whether the material in the Memrise application is in accordance with learning German in the 2013 curriculum for high school students' listening skills. End of class X semester I. This research is a type of qualitative research with a documentation method. The data used comes from the Memrise German learning application. Data collection focuses on listening skills and simple dialogues found in the Memrise German learning application. After that, the data from the application was analyzed based on the German material description map for class X semester 1 of the 2013 curriculum, including the suitability of the material on the description map with the material in the Memrise application. The results of the research that there are 3 levels in Memrise that can be used as material for learning the Grueßen theme
Keywords: Listening skills, Memrise Application, Grueßen learning materials