STRATEGI DIFERENSIASI DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN KEJURUAN (STUDI KASUS DI SMK N 5 BOJONEGORO)
DIFFERENTIATION STRATEGY IN THE DEVELOPMENT OF VOCATIONAL EDUCATION INSTITUTIONS (CASE STUDY AT SMK N 5 BOJONEGORO)
Penelitian didasarkan pada hak setiap individu untuk memperoleh pendidikan yang memengaruhi kemajuan berpikir yang diwujudkan dan dilakukan di sebuah tempat yang dinamakan lembaga pendidikan, di sini sekolah. Pelaksanaan pendidikan di sekolah pun mengalami perkembangan dan perubahan yang disebabkan banyak factor. Salah satunya modernisasi atau globalisasi dan persaingan. Dengan demikian, sekolah dihadapkan pada pilihan bertahan dan berkembang atau menyerah termakan oleh perkembangan itu sendiri. Untuk tetap bertahan dan berkembang, salah satu solusinya adalah digunakannya manajemen strategi oleh sekolah yang akan membantu. Seperti penggunaan dan penerapan strategi diferensiasi atau strategi pembeda antara sekolah satu dengan sekolah lain.
Berdasar pada hal tersebut, maka dilakukan penelitian terkait strategi diferensiasi dalam pengembangan lembaga pendidikan kejuruan yang bertujuan untuk menjelaskan dasar pemilihan strategi diferensiasi dalam pengembangan lembaga pendidikan kejuruan, mengetahui proses manajemen strategi yang dilakukan berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada strategi diferensiasi dalam pengembangan lembaga pendidikan kejuruan.
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah metode penelitian diskripstif denngan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMK N 5 Bojonegoro. Untuk teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penampilan data, serta penggambaran dan verifikasi.
Hasil penelitian skripsi yang dilakukan menunjukkan: 1) pemilihan strategi didasarkan beberapa hal, yakni penerimaan lulusan oleh Iduka (Industri dan dunia kerja), overload jurusan jenuh, kesediaan dan peluang tenaga kerja yang dibutuhkan Iduka, terkait kebijakan pemerintah tentang pemetaan lembaga pendidikan kejuruan, dan terkait diferensiasi yang digunakan sebagai ikon khas lembaga pendidikan kejuruan; 2) tahap perencanaan strategi yang dilakukan dengan pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan, identifikasi lingkungan internal dan eksternal, pemilihan dan penetapan alternatif strategi dan strategi khusus; 3) tahap implementasi strategi dilakukan dengan pengembangan budaya pendukung, penciptaan struktur organisasiyang efekif, dilakukannya pemasaran sekolah, pemanfaatan sistem informasi dan teknologi; 4) tahap evaluasi strategi yang dilakukan dengan peninjauan factor internal dan eksternal secara komprehensif, pengukuran kinerja dengan
evaluasi program, dan pengambilan tindakan korektif pada program yang terkendala atau tidak sesuai.
Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Proses Manajemen Strategi, Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan
Research is based on the right of every individual to obtain an education that affects the progress of thinking that is realized and carried out in a place called an educational institution, here is a school. The implementation of education in schools has also experienced developments and changes caused by many factors. One of them is modernization or globalization and competition. Thus, schools are faced with the choice of surviving and developing or giving up being consumed by the development itself. To survive and develop, one solution is to use strategic management by schools that will help. Such as the use and application of differentiation strategies or differentiating strategies between one school and another.
Based on this, research related to differentiation strategy in the development of vocational education institutions aims to explain the basis for choosing differentiation strategies in the development of vocational education institutions, knowing the strategic management process carried out in the form of planning, implementing, and evaluating differentiation strategies in the development of educational institutions. vocational.
The method used in the thesis research is a descriptive research method with interview, observation, and documentation techniques conducted at SMK N 5 Bojonegoro. The data analysis technique is carried out by condensing data, displaying data, as well as describing and verifying.
The results of the thesis research conducted show: 1) the selection of strategies is based on several things, namely the acceptance of graduates by Iduka (Industry and the world of work), overload of saturated majors, the willingness and opportunities of the workforce needed by Iduka, related to government policies on mapping vocational education institutions, and related to the differentiation used as a distinctive icon of vocational education institutions; 2) the strategic planning stage is carried out by developing the vision and mission, setting goals, identifying the internal and external environment, selecting and determining alternative strategies and specific strategies; 3) the strategy implementation phase is carried out by developing a supporting culture, creating an effective organizational structure, conducting school marketing, utilizing information systems and technology; 4) the strategy evaluation stage is carried out by comprehensively reviewing internal and external factors, measuring performance with program evaluation, and taking corrective actions on programs that are constrained or inappropriate.
Keywords: Differentiation Strategy, Strategic Management Process, Development of Vocational Education Institutions