STUDI FENOMENOLOGI MILENIAL SURABAYA DALAM MENCARI INFORMASI GAYA HIDUP SEHAT MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
Surabaya Millennial Phenomenological Study in Search of Healthy Lifestyle Information Using Social Media
Gaya hidup sehat menjadi prioritas setiap orang yang ingin menjalankannya. Kemudahan dalam mengakses informasi gaya hidup sehat dapat dilakukan melalui media sosial oleh kaum milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyataan penggunaan media sosial menjadi indera buat mencari liputan mengenai gaya hidup sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan wawancara mendalam. Sembilan sampel dipilih menggunakan snowball sampling dengan tiga kelompok sampel yang terdiri dari kelompok atlet, non atlet yang sudah lama menerapkan gaya hidup sehat, dan non atlet yang baru memulai menerapkan gaya hidup sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial menjadi alat seluruh sampel tiap kelompok dalam mencari informasi gaya hidup sehat yang berkaitan dengan makanan, minuman, dan olahraga. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa kelompok atlet pro gaya hidup sehat, kelompok non atlet yang sudah lama menjalankan gaya hidup sehat, dan kelompok non atlet atau orang yang baru menjalankan hidup sehat menggunakan media sosial dalam mencari informasi gaya hidup sehat. Media sosial Instagram dan youtube menjadi media sosial yang sering digunakan untuk mencari makanan, minuman, dan olahraga penunjang gaya hidup sehat.
Kata Kunci: media sosial, milenial, atlet, non atlet, gaya hidup sehat
A healthful way of life is a concern for anybody who desires to run it. Ease of getting access to healthful way of life statistics may be executed via social media by milenials. The reason of this observe turned into to decide the phenomenon of the usage of social media as a device to locate statistics on healthful lifestyles. The examine used a qualitative technique with statistics series strategies have been in-intensity interviews. Nine samples were selected usingsnowball sampling with three sample groups consisting of a group of athletes, non-athletes who have been implementing a healthy lifestyle for a long time, and non-athletes who have just started implementing a healthy lifestyle. The results showed that social media became a tool for all samples of each group in finding information on healthy lifestyles related to food, drink, and exercise. The end of this examine is that the group of athletes who are pro-healthy lifestyles, groups of non-athletes who have been running a healthy lifestyle for a long time, and groups of non-athletes or people who are new to a healthy life use social media to find information on healthy lifestyles. Instagram and YouTube are social media that are most often used to find food, drinks, and sports to support a healthy lifestyle.
Keywords: social media, millennials, athletes, non athletes, healthy lifestyle