System Application Planning Weight in Motion Towards Loaded Vehicles ODOL (Overdimension Overloading) - Case Study: UPPKB Trosobo
Fenomena pelanggaran ODOL pada angkutan barang di Indonesia menjadi permasalahan yang sangat serius. Dampak ODOL membuat kerusakan jalan dan angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi, bahkan diantaranya sampai mengakibatkan korban jiwa serta kerugian materil. Oleh karena itu, keberadaan truk ODOL ini perlu diawasi dan ditindak lanjuti. Langkah mengantisipasi hal tersebut adalah teknlogi pengawasan truk ODOL yang lebih praktis dan ampuh Bernama Weight in Motion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif teknologi WIM untuk mengatasi kendaraan ODOL serta mengetahui upaya apa saja yang harus ditempuh untuk pencegahan kendaran Overdimension Overloading (ODOL). Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif yang bersifat objektif, mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta metode pengujian statistik. Data yang diamati berupa jumlah LHR dan presentase kendaraan yang melanggar terhadap kendaraan ODOL yang ada di UPPKB Trosobo. Hasil Penelitian menunjukkan cara kerja sistem Weight in Motion pada UPPKB Trosobo dengan menggunakan simulasi pemasangan beberapa alat-alat seperti Two Scales, Four Ramps, dan Intercomp PT20 CPU. Data dan informasi akan diproses dengan cepat dan real-time saat itu juga berkat adanya rangkaian teknologi baru WIM tersebut. Upaya yang dapat dilakukan UPPKB Trosobo dalam penindakan truk ODOL ini adalah perbaikan fasilitas, Penekanan terhadap penindakan pelanggaran ODOL, perbaikan sistem penilangan, kerjasama dengan beberapa pihak (MOU), serta melakukan tantang penegakan aturan terkait ODOL dari sisi internal maupun eksternal.
Kata kunci: Kendaraan ODOL, Weight in Motion, Upaya dan Pencegahan Kendaraan ODOL.
The phenomenon of ODOL violations in the transportation of goods in Indonesia is a very serious problem. The impact of ODOL caused road damage and a high number of traffic accidents, some of which even resulted in fatalities and material losses. Therefore, the existence of this ODOL truck needs to be monitored and followed up. The step to anticipate this is a more practical and effective ODOL truck monitoring technology called Weight in Motion. This study aims to find out how effective WIM technology is in dealing with ODOL vehicles and find out what measures should be taken to prevent Overdimensional Overloading (ODOL) vehicles. The research method used is quantitative which is objective, includes the collection and analysis of quantitative data and statistical testing methods. The data observed were the number of LHR and the percentage of vehicles that violated the ODOL vehicles at UPPKB Trosobo. The research results show how the Weight in Motion system works at UPPKB Trosobo by using a simulation of installing several tools such as Two Scales, Four Ramps, and Intercomp PT20 CPU. Data and information will be processed quickly and in real-time right away thanks to the new WIM technology suite. Efforts that can be made by UPPKB Trosobo in dealing with ODOL trucks are repairing facilities, emphasizing prosecution of ODOL violations, improving ticketing systems, cooperation with several parties (MOU), and challenging the enforcement of regulations related to ODOL from the internal and external sides.
Keywords: ODOL Vehicles, Weight in Motion, Efforts and Prevention of ODOL Vehicles.