PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERKAIT HASIL ULASAN DAN TESTIMONI YANG MENYESATKAN DALAM MARKETPLACE
LEGAL PROTECTION FOR CONSUMERS REGARDING MISLEADING REVIEWS AND TESTIMONIALS IN MARKETPLACE
Perkembangan bisnis online di Indonesia terus berkembang dan maju. Pelaku usaha saling berlomba untuk memasarkan barang dan/atau jasa yang dijualnya melalui aplikasi jual beli online, salah satu caranya adalah melakukan promosi dengan menggunakan hasil ulasan dan testimoni. Banyak hasil ulasan dan testimoni menyesatkan yang tidak sesuai dengan informasi, kondisi dan manfaat dari barang dan/atau jasa yang dibagikan oleh pelaku usaha dalam iklan elektronik yang menimbulkan kerugian bagi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perlindungan hukum bagi konsumen terkait hasil ulasan dan testimoni yang menyesatkan dalam marketplace dan menganalisis upaya hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen yang mengalami kerugian akibat hasil ulasan dan testimoni yang menyesatkan dalam marketplace. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan melalui perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian yang diperoleh, perlindungan hukum bagi konsumen terkait hasil ulasan dan testimoni diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen dan konsumen yang mengalami kerugian akibat hasil ulasan dan testimoni yang menyesatkan dapat melakukan upaya hukum melalui jalur litigasi dan non litigasi.
Kata Kunci: Perlindungan hukum, Konsumen, Hasil ulasan dan testimoni
The development of online business in Indonesia continues to grow and advance. Business actors compete with each other to market the goods and/or services they sell through online buying and selling applications, one way to promote using the results of reviews and testimonials. Many misleading reviews and testimonials are not in accordance with the information, conditions and benefits of the goods and/or services shared by business actors in electronic advertisements that cause harm to consumers. The purpose of this research is to analyze the legal protection for consumers regarding the results of misleading reviews and testimonials in marketplace and analyze legal remedies that can be taken by consumers who experience losses due to misleading reviews and testimonials in marketplace. This research uses normative legal research methods by using statute approach and conceptual approach. The results of the research obtained, legal protection for consumers regarding the results of reviews and testimonials is regulated in Law Number 8 of 1999 on consumer protection and consumers who experience losses due to misleading reviews and testimonials can make legal efforts through litigation and non-litigation.
Keywords: Legal protection, Consumers, Reviews and testimonials