EFEKTIVITAS STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
THE EFFECTIVENESS OF THE MIND MAPPING STRATEGY ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN EXCRESSION SYSTEM MATERIALS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari sumber data seperti penelitian terdahulu. Dalam penulisan artikel ini sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (informasi telaah perangkat pembelajaran) dan sumber data sekunder (artikel penelitian). Data dianalisis dengan cara membandingkan hasil telaah yang didapat dan dihubungkan dengan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model mind mapping lebih baik dari pada aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model konvesional.
Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Hasil Belajar.
This study aims to describe the effectiveness of mind mapping strategies on student learning outcomes in the excretion system material. This research is a descriptive qualitative library research. The data collection method of this research is obtained from data sources such as previous research. In writing this article, the data sources used were primary data sources (information on learning tools) and secondary data sources (research articles). Data were analyzed by comparing the results obtained and associated with secondary data. The results of this study indicate that student learning activities in learning with the mind mapping model are better than student learning activities in learning with conventional models.
Keywords: Mind-mapping strategy, learning outcome