Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bolavoli
Application of the Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Volleyball Learning Outcomes
PJOK adalah pendidikan yang prosesnya terencana sistematis yang dilaksanakan dengan adanya aktivitas keterampilan gerak, hal ini menyebabkan guru perlu menyesuaikan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan gerak dan pengetahuan secara bersamaan. Pada model cooperative learning tipe jigsaw dengan keunggulan pemahaman materi lebih mendalam, kerja sama antar siswa terbentuk, motivasi dalam olahraga siswa meningkat, dan melatih tanggung jawab siswa. Pada siswa SMP terdapat materi bolavoli yang merupakan salah satu materi permainan bola besar. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw adakah peningkatan hasil belajar pada materi bolavoli di SMPN 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen murni melalui desain randomized control group pretest posttest. Pada penelitian ini instrument yang digunakan adalah tes pengetahuan dan tes keterampilan, dengan sampel menggunakan cluster random sampling dalam menentukan 2 kelas yaitu 8D sebagai kelompok untuk eksperimen dan 8C sebagai kelompok untuk kontrol.
Hasil penelitian model cooperative learning tipe jigsaw dalam materi bolavoli menggunakan uji parametrik pada tes pengetahuan dengan perolehan hasil menunjukkan terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar dan pada tes keterampilan dengan uji nonparametrik yang menunjukkan adanya pengaruh peningkatan hasil belajar. Dengan hasil belajar siswa meningkat sebesar 68.30% pada tes pengetahuan dan sebesar 68.27% pada tes keterampilan dengan menggunakan uji N gain. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw mempengaruhi hasil belajar bolavoli dengan kategori peningkatan cukup efektif.
Kata Kunci Model Cooperative Learning, Jigsaw, Bolavoli
PJOK is education whose process is systematically planned to carry out movement skills activities, this causes the teacher need to adjust the learning model used to improve movement skills and knowledge simultaneously. In the jigsaw-type cooperative learning model with the advantage of a deeper understanding of the material, cooperation between students is formed, students' motivation in sports increases, and students are trained in responsibility. For junior high school students, there is volleyball material which is one of the big ball game materials. This research aims to find out whether the application of the jigsaw-type cooperative learning model can improve volleyball learning outcomes for junior high school students. This research uses quantitative research with a pure experimental type through a randomized control group pretest-posttest design. In this study, the instruments used were knowledge tests and skills tests, with samples using cluster random sampling to determine 2 classes, namely VIII-D as the experimental class and VIII-C as the control class.
The results of this study used a non-parametric test with the Wilcoxon test results in the experimental class of knowledge and skills tests showing a P-value of 0.00 < 0.05, which means there was an increase in learning outcomes using the jigsaw-type cooperative learning model. With student learning outcomes increasing by 68.30% on the knowledge test and by 68.27% on the skills test using the N-Gain test. Keywords Cooperative Learning Model, Jigsaw, Volleyball