Sepak bola yang merupakan olahraga favorit dari kebanyakan orang tentunya memiliki daya tariknya sendiri. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai klub sepak bola yang mewakili daerahnya tersebut. dengan banyaknya tim dari setiap daerah tentunya juga banyak suporter di sana yang mendukung tim-tim tersebut. Salah satunya tim Arema Football Club yang berasal dari kota Malang dengan suporter Aremania. Untuk menjalin hubungan yang baik antara tim dan suporter tim Arema menerapkan strategi emotional branding dan brand trust untuk membuat suporter tetap loyal mendukung tim Arema. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dan menganalisis pengaruh emotional branding dan brand trust terhadap loyalitas merek suporter tim Arema.
Pada penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan ialah rancangan penelitian konklusif dan pendekatan kausal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 220 responden yang merupakan Aremania yang sudah pernah menyaksikan langsung pertandingan tim Arema minimal 3 kali dalam satu musim kompetisi dan berusia minimal 19 tahun. Penyebaran angket dilakukan secara offline menggunakan skala likert dan analisis data regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari variabel emotional branding dan brand trust terhadap loyalitas merek suporter tim Arema.
Kata kunci : Arema, Emotional Branding, Brand Trust, and Loyalty.
Football is one of favorite sports for many people that has its own attraction. Every region in Indonesia has a football club that represents their region. The number of football club from every region also gives a number of suporters that support that club. The one of football club is Arema Football Club from Malang and have Aremania as suporter. To estabilish a good relations between football club and suporters, Arema implement emotional branding and brand trust strategies to keep suporters loyal to support Arema club. This research aims to know the effect of emotional branding and brand trust on brand loyality of suporters of Arema football team.
This research is a conclusive research and causal approach. A purposive sampling is used as a sampling method and nonprobability sampling as a sampling technique. Sample that used amounts to 220 respondent who is an aremanian and has watched Arema football club at least 3 times in one periods of competition and have minimum 19 years old. The questionnaire has been distributed offline using likert scale and multiple linear regression analysis.
The result of this research show and analyze that there is an influence of emotional branding and brand trust variables to the loyalty of the Aremania’s club suporters brand.
Keywords : Arema, Emotional Branding, Brand Trust, and Loyalty.