Proses Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD)
Critical Thinking Process of Junior High School Students in Solving Mathematical Problems in terms of Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) Cognitive Styles
ABSTRAK
Syafiti, Wihda Urfita. 2022. Proses Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D. dan (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Penyelesaian Masalah Matematika
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelas VIII SMP dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Pemilihan kedua subjek juga mempertimbangkan kemampuan matematika setara, jenis kelamin yang sama, komunikatif, dan bersedia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan GEFT (Group Embedded Figures Test), tugas penyelesaian masalah matematika, dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yang termuat dalam FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kritis kedua siswa dalam menyelesaikan masalah relatif sama. Pada tahap memahami masalah kedua siswa sudah melakukan proses berpikir kritis pada aspek FRISCO. Pada tahap membuat rencana, siswa FI sudah memenuhi indikator FRISCO, namun siswa FD tidak melalukan peninjauan kembali. Pada tahap melaksanakan rencana kedua siswa juga sudah memenuhi indikator FRISCO. Pada tahap terakhir yaitu memeriksa kembali, siswa FI sudah memenuhi indikator FRISCO, namun siswa FD tidak melakukan situasi dan kejelasan. Selain itu antara siswa FI dan FD memiliki cara atau solusi yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa dengan gaya kognitif FI dalam menjawab permasalahan yang diberikan, dapat melakukan sesuatu secara bertahap, menganalisis dengan baik, serta melakukan perencanaan dan mengikuti rencana itu. Siswa dengan gaya kognitif FI dapat melakukan proses berpikir kritis ketika menghadapi permasalahan yang diberikan.
ABSTRACT
Syafiti, Wihda Urfita. 2022. Critical Thinking Process of Junior High School Students in Solving Mathematical Problems in terms of Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) Cognitive Styles. Thesis. Mathematics Education Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D. and (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Keywords: Cognitive Style, Critical Thinking, Mathematical Problem Solving
This study is a qualitative descriptive study with aimed to describe the critical thinking process of Junior High School students in solving mathematical problems in terms of Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) cognitive styles. The subjects of this study consisted of two grade VIII Junior High School students with Field Independent (FI) and Field Dependent (FD) cognitive styles. The selection of these two subjects also considered the equal mathematical abilities, the same gender, communicativeness, and willingness. The data collection techniques were carried out by giving GEFT (Group Embedded Figures Test), mathematical problem solving tasks, and interviews. The data were analyzed based on critical thinking indicators which contained in FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview).
The results showed that critical thinking processes of these two students in solving problems were relative the same. At the stage of understood the problem, students have carried out a critical thinking process on the FRISCO aspect. At the stage of making the plan, FI students had fulfilled the FRISCO indicator, but FD students have not carried out an overview. At the stage of implementing the plan, both students also fulfilled the FRISCO indicator. In re-checking stage (the last stage), FI students have fulfilled the FRISCO indicator, but FD students have not carried out the situation and clarity. In addition, FI and FD students have different ways or solutions in solving mathematical problems. Students with the FI cognitive style could understand things step by step in answering the given problems, analyzed much better, did and follow the plan. Students with the FI cognitive style could carry out critical thinking processes when facing the given problems.