ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA JERMAN KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 3 SIDOARJO
ANALYSIS OF THE FINAL EXAM OF CLASS X SMAN 3 SIDOARJO
Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan para peserta didik dalam runtunan belajar yang sudah dilakukan, seorang pendidik memerlukan sebuah tes untuk mengukur kemampuan dan kepahaman peserta didik dalam menerima materi dalam proses pembelajaran yang dilakukan selama satu semester. Dengan adanya tes diharapkan dapat menilai kesesuaian materi yang telah diajarkan. Dengan itu maka diperlukannya analisis butir soal ujian akhir semester (UAS) untuk mengetahui kualitas soal yang diujikan apakah sudah layak ataupun diperlukan adanya pembetulan dalam meningkatkan kualitas dalam membuat butir soal. Dalam menganalisis butir soal diperlukan adanya tingkat kesulitan butir soal, validitas dan reliabilitas. Karena tidak semua soal memiliki tingkat kesulitan, validitas dan reliabilitas butir soal yang baik. Rumusan masalah dalam artikel ini yaitu bagaimana tingkat kesulitan butir soal, validitas dan reliabilitas soal tes ujian akhir semester (UAS) Bahasa Jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan butir soal, validitas dan reliabilitas soal ujian akhir semester (UAS) bahsa jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Artikel yang dilakukan ini menggunakan perhitungan secara kuantitatif. Sumber data yang dipergunakan pada artikel ini adalah lembar jawaban tes ujian akhir semester (UAS) Bahasa Jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan jumlah keseluruhan 198 peserta didik yang terdiri dari keseluruhan kelas X ipa dan ibb. Data artikel yang digunakan yakni soal tes ujian akhir semester (UAS) Bahasa Jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan jumlah soal sebanyak 20 butir soal dengan 5 pilihan jawaban. Dari hasil analisis tingkat kesulitan butir soal dikategorikan menjadi 3 yaitu soal golongan mudah, soal sedang dan soal sulit. Hasil yang diperoleh dari study kasus yaitu di peroleh ujian akhir semester (UAS) bahasa jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo menunjukkan bahwa perhitungan tingkat kesulitan butir soal yang termasuk mudah berjumlah 19 butir soal, sedang 1 soal dan sulit 0 soal. Hasil perhitungan validitas dari 20 butir soal tersebut 19 dinyatakan valid dan 1 butir soal dinyatakan tidak valid sehingga bisa dikatakan 90% soal valid dan 10% soal tidak valid. Sedangkan hasil perhitungan soal tes ujian akhir semester (UAS) Bahasa Jerman kelas X semester 1 SMA Negeri 3 Sidoarjo dikatakan mempunyai koefisien reliablitas cukup karena hanya memiliki nilai 0,520.
Kata Kunci : Analisis butir soal, tingkat kesulitan butir soal, validitas, reliabilitas.
To find out the extent of the development of students in the learning process that has been carried out, an educator needs a test to measure the ability and understanding of the students in receiving material in the learning process for one semester. It is expected to be able to assess the suitability of the material that has been taught. Therefore, it is necessary to analyze the items which are tested in the Final Semester Examination (UAS) to see the quality of the questions whether they are proper or need correction to improve the quality in making the items. Analyzing the items are required the difficulty level of the items, validity, and reliability because not all questions have a good level of difficulty, validity, and reliability. The research question was how the difficulty level of the items, the validity, and reliability of the German Final Exam questions for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo. In this study, the objective was to describe the difficulty level of the items, the validity and reliability of the German Final Exam questions for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo. This article test used quantitative research. The source of the data in this article test was the answer sheet of the German Final Semester Examination (UAS) for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo with a total of 198 students that consist of all class from X IPA and IBB. The data were 20 questions of the German Final Exam for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo by five answer choices. As a result of the difficulty level analysis, the items were categorized into 3, easy questions, medium questions, and difficult questions. The result of the German Final Exam questions for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo showed that the calculation of the difficulty level of the items was nineteen easy questions, one medium question, and zero difficult questions. The results of the validity calculation, 19 were valid, while 1 item was invalid. Thus, it could be said that 90% of the questions were valid and 10% of the questions were invalid. Meanwhile, the results of the calculation of the German Final Exam for the tenth grade in the first semester SMA Negeri 3 Sidoarjo had a sufficient reliability coefficient because it only had a value of 0.520.
Keywords : Item analysis, item difficulty level, validity, and reliability.