ABSTRAK
INOVASI SITEM ANTRIAN ELEKTRONIK (SAE) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO
Nama : Indah Setiyani
NIM : 16040263014
Program studi : D3 Administrasi Negara
Jurusan : Admisitrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Gading Gamaputra, S.AP., M.PA.
Inovasi di sektor publik adalah salah satu jalan untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi di sektor publik. Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo yang merupakan organisasi pemerintahan menunjukkan keseriusannya dalam memenuhi hak serta kebutuhan masyarakat Sidoarjo dengan mebuat inovasi yang bernama Sistem Antrian Elektronik (SAE). Inovasi SAE dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam layanan antrian yang bisa diakses melalui smartphone maupun komputer dengan sistem website.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatatif. Lokasi penelitian berada di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Sistem Antrian Elektronik (SAE) yang dimiliki oleh Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo sudah mulai berjalan dengan baik meskipun dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala, namun sudah diberikan solusi yang sesuai. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Analisis yang menggunakan faktor keberhasilan inovasi menurut Cook, Matthews dan Irwin (dalam Grisna dan Wawan, 2013:309) antara lain, faktor Leadership (Kepemimpinan) yang dipegang oleh Sekretaris Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo telah berusaha menunjukkan peran, tanggung jawab, komitmen dengan baik serta sudah berusaha menyelesaikan masalah yang terjadi pada inovasi. Faktor Management/Organization (Manajemen/Organisasi) terkait strartegi kebijakan yaitu berupa sosialisasi melalui media sosial yang dimiliki Dispendukcapil seperti facebook dan instagram, namun masih belum menjangkau masyarakat Kabupaten Sidoarjo seutuhnya sehingga masih dikatakan belum berhasil, adapun stretegi lain adalah bekerjasama dengan konsultan yaitu CV Hendra Global sebagai pembuat hingga pembackup segala trouble yang terjadi pada Sistem Antrian Elektronik (SAE). Faktor Risk Management (Manajemen Resiko) menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dan masalah yang yaitu mudahnya sistem diterobos oleh calo dalam mendapatkan nomor antrian sebelum H-1, resiko yang kedua yaitu trouble sistem ataupun rusaknya mesin eKiosk untuk mencetak nomor antrian, yang ketiga yaitu pelaksana teknis yang kurang kompeten, hal ini dikarenakan belum adanya pelatihan yang dilakukan Dispendukcapil terkait pengoperasian sistem SAE. Human Capital (Kemampuan Sumber Daya Manusia) menunjukkan bahwa pada proses perealisasian Sistem Antrian Elektronik (SAE), pihak Dispendukcapil menggandeng CV Hendra Global untuk membuat serta membackup setiap masalah yang ada dikarenakan Dispendukcapil belum memiliki pegawai yang berkompeten dalam bidang tersebut. Faktor Technology (Teknologi) menunujukkan bahwa perangkat teknologi yang digunakan berupa website untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan nomor antrian secara online.
Saran dari hasil penelitian ini adalah pertama pemimpin Dispendukcapil untuk memberikan tanggung jawab pada pegawai yang sesuai kompeten dalam menjalankan sistem SAE. Kedua Dispendukcapil diharapkan melakukan sosialisasi dengan sistem jemput bola agar dapat menarik lebih banyak lagi masyarakat Sidoarjo untuk mengetahui inovasi SAE. Ketiga Dispendukcapil perlu memberikan sanksi tegas kepada pegawai yang terbukti melakukan kecurangan dengan memberikan akses kepada calo untuk mendapatkan nomor antrian sebelum H-1. Keempat Dispendukcapil perlu memberikan pelatihan kepada setiap pelaksana teknis atau lapangan tentang pengoperasian Sistem Antrian Elektronik (SAE). Kelima Dispendukcapil perlu menbingkatkan pengamanan pada teknologi Sistem Antrian Elektronik (SAE) dengan cara harus ada hak akses khusus pegawai, agar tidak semua pegawai bisa masuk ke sitem SAE.
Kata Kunci: Nomor Antrian, Inovasi, Sistem Antrian Elektronik (SAE)
ABSTRACT
THE INNOVATION OF ELECTRONIC QUEER LINE SYSTEM (SAE) IN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO
Name : Indah Setiyani
Course : DIII State Administration
Majors : Public Adminitration
Faculty : Faculty Of Social Science and Law
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervising Professor : Gading Gamaputra, S.AP., M.PA.
Innovation in the public sector is one of the ways to address the jams and deadlock of organizations in the public sector. The regency dispenser of sidoarjo district whose organization shows the serious need to fulfill the rights and needs of the sidoarjo society with an innovation called SAE electronic queer system. Sae innovations are created to make the public easier in the queue services that can be accessed through both the smartphone and the computer with the website system.
The kind of research used is descriptive research with a qualitative approach. Research sites are with sidoarjo regency. Data collection techniques consist of observation, interviews and documentation. The techniques of data analysis are done with data collection, data reduction, data presentation and deduction withdrawal. This research suggests that the innovation of electronic queue system (SAE) possessed by sidoarjo regency has started to run well despite the administration of many obstacles, but a solution is in place. This is proven by analysts that using the successful factors of innovation according to cook, Matthews and Irwin (in grisna and wawan, 2013:309), among other things, leadership factors held by secretary dispenduciists of sidoarjo district have sought to identify roles, responsibilities, commitment well and have tried to resolve the issue that was going on in innovation. Management/ organization (management) related to the policy of socializing through social media dispensed by dispensers such as facebook and instagram, For the first time, the minister said that he did not have any success. Risk management factors suggest that there may still be obstacles and problems whereby the system is easily brebed by the CEO in getting a number before h-1, the second risk, trouble system or damage ekiosk machinery to score an extension number, the third time that a lack of technical management, this is because there is not enough training in a dispendukcapil system in connection with the operation of the sae system. Human capital means means that in the process of radiating electronic wait systems (SAE), dispendukcapil people people rely on CV hendra global to create and support any problem that exists because dispendukcapil lacks a skilled worker in the field. The technology factor shows that the tools used are websites that can help people get queue Numbers online.
Suggestions from this research result are the first headman dispendukcapil of hiring someone who is competent at running the sae system. Both dispendukcapil are expected to socialize with the ball pick system so that they will attract even more people of SAE innovation. All three dispensers will need to enforce strict sanctions on employees who are convicted of fraud by giving access to calo to get a line number before h-1. All four dispensers need to give training to any technical or field administration about the operation of SAE electronic queues system. All five dispensers need to design a security system for SAE electronic queues in a way that requires a special employees access, so that not all employees can access to SAE system.
Key words: queue number, innovation, electronic queue system (SAE)