PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NASIONAL PADA SISWA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA
APPLICATION OF CHARACTER EDUCATION IN NATIONAL HISTORY LEARNING IN WACHID HASYIM 5 HIGH SCHOOL STUDENTS SURABAYA
Pendidikan karakter merupakan komponen penting dalam jalannya pendidikan di Indonesia. Penerapan pendidikan karakter berguna untuk membangun karakter anak menjadi seseorang yang memiliki karakter kuat dan ideal yang mampu membentuknya menjadi seorang anak yang berguna bagi bangsa dan negara. Sejarah yang hakekatnya membahas tentang masa lalu, mempelajari tentang budaya dan peradaban manusia dari masa ke masa tentunya mengandung banyak sekali nilai karakter yang bisa dipelajari dan ditanamkan dalam diri peserta didik untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya sebagai makhluk sosial.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesiapan guru sekaligus proses pelaksanaan penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran sejarah, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru serta respon peserta didik terkait penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan mengambil satu KD pembelajaran untuk diamati. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu observasi kelas, wawancara, angket dan dokumentasi. Sementara Uji analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu 11 dari 18 nilai karakter muncul selama proses pembelajaran sejarah diantaranya yaitu nilai karakter religius, disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif serta tanggung jawab. Kendala yang dirasakan guru yaitu sulitnya menyisipkan nilai karakter secara jelas sehingga peserta didik sering bias dalam menangkap makna yang disampaikan. Sementara respon yang diberikan peserta didik cukup baik terkait diadakannya penerapan nilai karakter dalam pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah
Character education is an important component in the course of education in Indonesia. The application of character education is useful for building a child's character into someone who has strong and ideal character who is able to shape him into a child who is useful for the nation and state. History, which essentially discusses the past, studying human culture and civilization from time to time certainly contains many character values that can be learned and instilled in students and then applied in their daily lives as social creatures.
The aim of this research is to determine teacher readiness as well as the process of implementing character education in history subjects, to find out the obstacles faced by teachers and students' responses regarding the implementation of character education in history learning at SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. This research uses a case study method by taking one learning basic competencies to observe. The techniques and instruments used in this research include classroom observations, interviews, questionnaires and documentation. Meanwhile, data analysis tests were carried out by means of data reduction, triangulation and drawing conclusions.
The results of this research are that 11 of the 18 character values emerged during the history learning process, including the character values of religion, discipline, tolerance, hard work, creativity, democracy, curiosity, national spirit, respect for achievement, friendship and communicativeness and responsibility. The obstacle felt by teachers is the difficulty of inserting character values clearly so that students are often biased in grasping the meaning conveyed. Meanwhile, the response given by students was quite good regarding the implementation of character values in history learning.
Keywords: Application, Character Education, History Learning