RANCANG BANGUN APLIKASI SAHABATANI (PENJUALAN KOMODITAS TANI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL
SAHABATANI APPLICATION DESIGN (SALES OF FARMING COMMODITIES) WEB BASED USING THE LARAVEL FRAMEWORK
Abstrak
Komoditas Tani adalah hasil dari usaha tani yang dapat diperdagangkan, disimpan dan/atau dipertukarkan. Seperti contohnya sayur, buah, dan perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris dan sebagian besar penduduknya hidup dari industri pertanian. Indonesia merupakan salah satu negara agraris yang ada di dunia, dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian disektor pertanian. Dengan memadainya lahan dan tanah yang subur tentu menjadi alasan sebagian rakyat Indonesia menjadikan petani sebagai mata pencaharian sehari-hari. Menurut (Iin, 2019) Pertanian adalah pemanfaatan sumber daya hayati oleh masyarakat untuk produksi industri bahan baku, pangan, pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan sumber energi. Berbagai hasil pertanian seperti jagung, beras dan kacang-kacangan.cangan, dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya harus diakui bahwa sektor pertanian Indonesia dibangun oleh petani yang relatif tidak aktif, sehingga diperlukan perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat di sektor ini.
Web penjualan dan pembelian dibuat untuk mempermudah orang mencari komoditas tani dengan harga bersaing dan sesuai keinginan. Maka berdasarkan pada masalah yang di uraikan diatas dan dibuatlah suatu judul oleh penulis untuk penulisan tugas akhir ini adalah “RANCANG BANGUN APLIKASI SAHABATANI (PENJUALAN KOMODITAS TANI) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL” dengan adanya aplikasi penjualan berbasis web ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang berguna bagi para petani memecahkan masalah memutus mata rantai pedistribusian melalui tengkulak. Sehingga kedepannya dengan adanya web ini menjadi solusi atas permasalahan kenaikan harga komoditas tani yang tidak dapat terkendali.
Metodologi pengembangan sistem yang peniliti bangun menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penilitian ini berdasarkan metodologi Waterfall yaitu diantaranya: (1) Requirements and analysis definition, (2) System and software design, (3) Implementation, (4) System testing.
Abstract
Agricultural Commodities are the results of farming activities that can be traded, stored, and/or exchanged. For example, vegetables, fruit, and plantations. Indonesia is an agricultural country and most of the population lives from the agricultural industry. Indonesia is one of the agrarian countries in the world, where most of the population has a livelihood in the agricultural sector. With adequate land and fertile land, of course, some Indonesian people make farmers their daily livelihood. According to (Iin, 2019) Agriculture is the use of biological resources by the community for industrial production of raw materials, food, environmental management, and utilization of energy sources. Various agricultural products such as corn, rice and beans, beans, and so on. But in reality, it must be acknowledged that the Indonesian agricultural sector was built by relatively inactive farmers so that more attention is needed from the government and the community in this sector.
Web sales and purchases are made to make it easier for people to find agricultural commodities at competitive prices and as desired. So based on the problems described above and a title was made by the author for writing this final project, namely "DESIGN AND BUILD APPLICATIONS OF SAHABATANI (SALES OF FARMERS' COMMODITIES) WEB-BASED USING THE LARAVEL FRAMEWORK" with this web-based sales application, it is hoped that it will provide useful benefits for farmers to solve the problem of breaking the distribution chain through middlemen. So that in the future this web will be a solution to the problem of rising prices for agricultural commodities that cannot be controlled.
The system development methodology that the researcher built uses the Waterfall system development method. The steps taken in this research are based on the Waterfall methodology, namely: (1) Requirements and analysis definition, (2) System and software design, (3) Implementation, (4) System testing.