Bahasa Jepang merupakan satu dari sekian banyak bahasa
asing yang memiliki begitu banyak kosakata untuk dihafalkan. Dalam pembelajaran
Bahasa Jepang, siswa kelas XI-10 SMAN 7 Surabaya mengalami kesulitan dalam
menangkap materi pembelajran. Berdasarkan hasil pra-penelitian diketahui bahwa
siswa merasa bosan dengan materi pembelajaran yang dijelaskan dengan metode
ceramah dan media Powerpoint .
Akibatnya, siswa memilih kegiatan lain untuk menghilangkan kebosanan tersebut
alih-alih memahami materi pembelajaran. Ketidakpahaman tersebut kemudian
berpengaruh kepada kemampuan menghafal siswa terhadap kosakata meishi dan keiyoushi pada materi yang mereka
pelajari.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivitasan dan respon
siswa terhadap Penggunaan Media Permainan Kartu Kata Bergambar Terhadap
Kemampuan Menghafal Koskata Bahasa Jepang Tema “ Uchi ” Siswa Kelas XI-10 SMA Negeri 7 Surabaya Tahun Ajaran 2019 / 2020 . Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Jenis
pendekatan kuantitatif yang ada pada penelitian ini yaitu pre eksperimental
design . Data yang diperoleh
dengan menggunakan instrumen tes pretest dan
posttest , serta kuesioner.
Data dalam
penelitian ini dihitung menggunakan
bantuan perhitungan Software SPSS 17 for windows 10 . Perhitungan ini
meliputi Uji Normalitas Kolmogorov-smirnov , uji paired sample t-test, dan uji independent sample t-test dan
perhitungan angket. Hasil perhitungannya didapatkan nilai Df yaitu 18 dan taraf
signifikansi 95% yaitu 2,100. Maka t hitung = 0,009 < t tabel =
2,100 sehingga Ho diterima, yakni tidak terdapat perbedaan signifikan antara
nilai posttest kelompok kontrol dan nilai posttest kelompok
eksperimen. Namun terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen yakni 70 untuk kelompok kontrol dan 79,10 untuk
kelompok eksperimen. Respon siswa terhadap Keefektifan Penggunaan Media Permainan Kartu Kata Bergambar diketahui
mendapatkan respon positif. Pada butir soal yang pertama mendapatkan
hasil persentase rata-rata 82,5%. Pada butir ke dua mendapatkan hasil persentase
rata-rata 87,5%. Pada butir ke tiga mendapatkan hasil persentase rata-rata 85%.
Pada butir ke empat mendapatkan hasil persentase rata-rata 87,5%. Pada butir ke
lima mendapatkan hasil persentase rata-rata 90%. Pada butir ke enam mendapatkan
hasil persentase rata- 76,25.
Dengan demikian, disimpulkan bahwa tidak ada keefektivan
penggunaan media permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan menghafal
kosakata bahasa Jepang tema ” Uchi ”
siswa kelas XI-10 SMA Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2019/2020, namun terdapat kenaikan rata-rata antara
nilai posttest kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen. Respon siswa terhadap penggunaan media kartu kata
bergambar juga dapat disimpulkan mendapatkan respon positif.
Kata
kunci
: Efektivitas, Media Permainan, Kartu Kata Bergambar, Menghafal, Kosakata
Bahasa Jepang