Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Media pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Pada KD Penggambaran 3 Dimensi merupakan media pembelajaran yang melibatkan siswa untuk belajar mandiri. Media pembelajaran ini menggunakan apilikasi Corel Draw X6 dan Adobe Flash CS6. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan konsep pengembangan media Pembelajaran Game Edukasi. (2) Menganalisis efektivitas Media pembelajaran, dan (3) Menganalisis kemenarikan setelah menerapkan Media Pembelajaran Game Edukasi .
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan enam langkah pengembangan. Subjek penelitian ini adalah kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Mojokerto berjumlah 32 siswa/kelas, dengan XI DPIB 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018-2019.
Hasil penelitian ini adalah (1) konsep media sesuai dengan prosedur pengembangan (2) persentase ketuntasan tes pengetahuan sebesar 90,63% dengan nilai rata-rata 86,25 sedangkan tes keterampilan sebesar 100% dengan nilai rata-rata 84,13. Dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Game edukasi memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (3) persentase dari penyebaran angket respon siswa sebesar 81,06%. Hal tersebut berarti bahwa siswa Kelas XI DPIB 2 lebih tertarik dalam pelajaran dan setuju dalam menggunakan media Game Edukasi (Quiz Game) pada materi menerapkan perintah dasar 3 Dimensi.
Kata kunci : Media Pembelajaran Game Edukasi, Research and Development, 3 Dimensi.
The results of this study are (1) concepts media in accordance with the development procedure (2) the percentage of mastery test knowledge was 90.63% with an average score of 86.25 while the skill test was 100% with an average score of 84.13. It can be seen that the use of learning media Educational games have effectiveness in improving student learning outcomes. (3) the percentage of student response questionnaires was 81.06%. This means that students of Class XI DPIB 2 are more interested in learning and agree to using media Educational Games (Quiz Games) on the material applying basic 3-dimensional commands.
This research used the Research and Development development method with six steps of development.The research subjects were class X DPIB of SMK Negeri 1 Mojokerto with a total of 32 students/class, with treatment XI DPIB 2 as the experimental class. The study was conducted in even semester 2018-2019.
The development of science and technology increasingly encourages renewal efforts in the utilization of technological results in the learning process. Learning media for educational games using Adobe Flash applications in 3-dimensional drawing KD is a learning media that involves students for independent learning. This learning media uses the Corel Draw X6 application and Adobe Flash CS6. The purpose of this study was to determine (1) Describe concepts Educational Game Learning Media (2) Analyze the effectiveness of learning media, and (3) Analyze attractiveness after applying Educational Game Learning Media.
Keyword : Learning Media Game Education, Research and Development, 3 Dimensions.