VIDEO TUTORIAL BERBASIS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BELAJAR PEMBUATAN HIASAN BUSANA
YOUTUBE-BASED VIDEO TUTORIALS AS A LEARNING MEDIA TO MAKE FASHION DECORATION
Video tutorial berbasis Youtube merupakan media pembelajaran yang dapat memaparkan langkah – langkah praktek secara nyata. Studi literature ini membahas tentang media pembelajaran video tutorial berbasis Youtube pada pelajaran produktif pembuatan hiasan busana. Tujuan studi literatur ini (1) Mengetahui langkah pembuatan video tutorial dengan Youtube mata pelajaran pembuatan hiasan busana kompetensi tusuk dasar hiasan (2) Mengetahui bagaimana vidio tutorial berbasis Youtube dapat digunakan sebagai media belajar pembuatan hiasan busana (3) Mengetahui kelebihan dan kekurangan media Youtube sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini, yaitu : (1) Langkah – langkah pembuatan video tutorial pembuatan hiasan busana ada tiga tahap, yaitu pra produksi, proses produksi dan pasca produksi. Setelah video tutorial selesai dibuat maka video tutorial dapat di unggah ke Youtube dengan fitur unggah video yang disediakan oleh Youtube. Macam - macam tusuk dasar yang dapat dikuasai siswa dalam pelajaran pembuatan hiasan buasana ada 8 tusuk seperti jelujur, tikam jejak, feston, tangkai, flanel, silang, pipih, dan rantai. (2) Siswa dapat menggunakan video tutorial berbasis Youtube dengan cara mengakses video tutorial tusuk dasar hiasan busana pada Youtube sebagai bahan pembelajaran praktek macam – macam tusuk dasar dengan memanfaatkan jaringan internet. (3) Kelebihan dari media Youtube dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk memunculkan motivasi, kemandirian belajar serta meningkatkan ketrampilan praktek sedangkan kekurangan pada koneksi internet yang tidak selalu stabil dapat menghilangkan fokus belajar siswa, serta masih ada siswa yang menggunakan waktu belajarnya untuk membuka video lain diluar pelajaran melakukan praktik
YouTube-based video tutorial becomes a learning media that serves real practical steps for the audience. This literature study discusses about YouTube-based video tutorial for decoration making learning media for fashion productive lessons program. The objective of this study is for finding out (1) the steps of making YouTube-based video tutorial for basic embellishment competence in fashion-decoration making, (2) how YouTube-based video tutorial can be used as learning media for fashion-decoration making, (3) the merits and drawback of YouTube-based video tutorial. According to the result, it is found that (1) There are three steps of making YouTube-based video tutorial, namely pra-production, while-production, and post-production. After finishing the editing part, the creator can upload the video to YouTube. There are eight basic stiches skills that students can master in the fashion-decoration lesson, such as running, basting, catch, slip, blanket, standard forward/backward, zigzag, and back stitch. (2) students can use the YouTube-based video tutorial by searching and playing the related video on YouTube using internet. (3) The merits of using YouTube are for raising students’ learning motivation and independence and improving their practical skills, while the drawbacks are most students will waste their time by playing unrelated video to the lesson and lose their focus when they have unstable connection.