Creativity in Teaching Writing Greeting Cards Through Canva for Junior High School
Kata kunci: Kreativitas, Mengajar Menulis, Kartu Ucapan, Canva
Kreativitas guru dalam menggunakan Canva untuk memahami cara baru menggunakan teknologi untuk pembelajaran digital; Siswa juga bisa kreatif dalam hal menulis kartu ucapan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk menciptakan tulisan yang lebih kreatif dan menarik menggunakan aplikasi Canva untuk mendorong siswa mengasah imajinasi mereka dan menginvestasikan uang dalam menulis sehingga siswa terlibat dalam belajar bahasa Inggris, terutama menulis kartu ucapan. Penelitian ini akan mendeskripsikan 1) proses siswa melakukan penulisan melalui Canva 2) kinerja siswa dalam proses menulis menggunakan Canva 3) persepsi siswa terhadap menulis untuk mengembangkan kemampuan siswa.
Desain penelitian merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus adalah studi pendekatan kualitatif di mana individu, kelompok, atau contoh signifikan dipelajari untuk merumuskan interpretasi untuk kasus tertentu atau memberikan generalisasi yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Studi kasus digunakan karena mempelajari proses atau kegiatan belajar-mengajar menulis kartu ucapan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Temuan dalam penelitian ini adalah untuk kinerja belajar siswa dan menyatakan bahwa menggunakan Canva membuat pembelajaran lebih kreatif. Siswa ditantang untuk menyelesaikan masalah dengan guru sebagai panduan agar siswa dapat lebih mandiri dalam menulis kartu ucapan. Siswa lebih variatif dalam membuat greeting cards dan pembelajaran writing lebih menyenangkan untuk siswa.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Canva untuk mengajar menulis kartu ucapan sesuai untuk diterapkan dalam proses belajar-mengajar bahasa Inggris namun membutuhkan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah.
Keywords: Creativity, Teaching Writing, Greeting Cards, Canva
The teacher’s creativity in using Canva to comprehend the new way of using technology for digital learning; Students can also be creative when it comes to writing greeting cards. The study's findings are expected to be utilized as input for creating more creative and engaging writing using the Canva application to encourage students to hone their imagination and invest money in writing so that students are engaged in learning English, particularly writing greeting cards. This study will describe 1) the process that students carry out writing through Canva 2) students’ performance in the writing process using Canva 3) the student’s perception of writing to develop students abilities.
The research design is a qualitative research method with a case study approach. A case study was chosen because it more concretely touches on the research process. And the research is in class so case studies are best suited to use a specific case or provide useful generalizations. Because it studies the process or activity of teaching-learning in a specific setting, a case study design is used. Data collection techniques are observation, documentation, and interviews.
The findings in this study are for student learning performance and state that using Canva makes learning more creative. Students are challenged to solve problems with the teacher as a guide so that students can be more independent in writing greeting cards. Students are more varied in making greeting cards and writing learning more fun for students.
Based on the findings in this study, it can be concluded that Using Canva for teaching writing greeting cards is appropriate to be applied in the English teaching-learning process but requires adjustments to the situation and conditions at school.