Pola Keterlibatan Orang Tua Terhadap Korban Perundungan di Sekolah X
Pattern of Parental Involvement of Victims of Bullying at School X
Bullying adalah tindakan kekerasan yang dapat menimbulkan
kefatalan. Di dalam bullying terdapat berbagai jenis macam tindakan bullying
meliputi : 1. bullying fisik, 2. bullying verbal, 3. bullying rasional. Kasus
bullying merupakan tindakan kekerasan sering terjadi didalam dunia
pendidikan. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola keterlibatan
orangtua terhadap korban bullying. Bullying yang ada diskolah X adalah
bullying verbal dengan cara mengolok-ngolokkan nama orang tua serta
memanggil dengan nama jelek si informan. Tujuan dilakukan penelitian ini
untuk mengidentifikasi proses keterlibatan dan peran orang tua terhadap
korban. Bullying dalam penelitian berbentuk sebagai tindakan bullying verbal
dan bullying fisik. Subyek mendapatkan perilakuan bullying berupa
pemukulan balok kayu dan mendapatkan sebuah luka lebam yang berada di
paha sebelah kiri. Bullying verbal yang sering digunakan dengan mengolok-
ngolokkan nama orang tua dan memanggil dengan nama jeleknya. Penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi,
bertujuan agar dapat mengidentifikasi permasalahan dan dapat diinterpretasi
makna dan proses tindakan dalam keterlibatan orang tua dalam bullying
sekolah secara mendalam. Dan penelitian ini menggunakan teori perspektif
keluarga dalam fungsional struktural.
Kata kunci : Bullying, Talcott parsons, fungsionalisme struktural
Bullying is an act of violence that can lead to death. In bullying there are
various types of bullying, including: 1. physical bullying, 2. verbal bullying, 3. rational
bullying. Bullying is an act of violence that often occurs in the world of education. The
formulation in this study is the pattern of parental involvement in victims of bullying.
The bullying experienced by X was verbal bullying by making fun of parents' names
and calling informants with bad names. The purpose of this research is to identify the
process of involvement and the role of parents towards victims. Bullying in this
research is in the form of verbal bullying and physical bullying. The subject got
bullying behavior in the form of hitting with a wooden block and suffered a bruise on
his left thigh. Verbal bullying often involves making fun of parents names and calling
them bad names. This study used qualitative research with a phenomenological
approach, aiming to be able to identify problems and be able to interpret the meaning
and process of action in in-depth parental involvement in bullying in schools. And this
research uses family perspective theory in functional structure.
Keywords: Bullying, Pastor Talcott, Structural Functionalism