Penelitian ini bertujuan untuk melihat, : (1) pengalaman
praktik kerja industri siswa Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1
Jatirejo, (2) keterampilan menjahit
siswa Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo, (3) kesiapan kerja
siswa Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo, (4) pengaruh pengalaman
praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Tata
Busana SMK Negeri 1 Jatirejo, (5) pengaruh keterampilan menjahit terhadap
kesiapan kerja siswa Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo, (6) pengaruh
antara pengalaman praktik kerja industri dan keterampilan menjahit terhadap
kesiapan kerja siswa Program
Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jatirejo.
Jenis penelitian ex-post facto. Populasi dan sampel pada
penelitian ialah siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1
Jatirejo. Teknik sampling jenuh yang berarti semua populasi dijadikan sampel.
Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi nilai. Analisis data
pada penelitian melalui analisis deskriptif dan statistik inferensial untuk
melihat pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan keterampilan menjahit
terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri
1 Jatirejo.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecenderungan pengalaman praktik kerja
industri siswa Program Keahlian Tata Busana tergolong sangat tinggi dengan persentase
sebesar 94%, (2) kecenderungan keterampilan menjahit siswa Program Keahlian
Tata Busana tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 79%, (3)
kecenderungan kesiapan kerja siswa Program Keahlian Tata Busana tergolong
sangat tinggi dengan persentase sebesar 94%, (4) Terdapat pengaruh secara
parsial pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Program
Keahlian Tata Busana dengan nilai thitung sebesar 4.159 > 2.037 pada
signifikansi 0.000 < 0.05, (5) Terdapat pengaruh secara parsial keterampilan
menjahit terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Tata Busana dengan
nilai thitung sebesar 2.457 > 2.037 pada signifikansi 0.000 < 0.05, dan
(6) Terdapat pengaruh secara simultan pengalaman praktik kerja industri dan
keterampilan menjahit terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Tata Busana
dengan nilai fhitung 114.792 > 3.029 pada signifikansi 0.000 < 0.05.
Analisis R2 menunjukkan bahwa pengaruh pengalaman praktik kerja
industri dan keterampilan menjahit terhadap kesiapan kerja hanya sebesar 87.8%
dan 12.2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh
peneliti.
Kata
kunci: pengalaman praktik kerja industri, keterampilan
menjahit, kesiapan kerja.