STUDI IDENTIFIKASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
STUDY OF IDENTIFICATION OF STUDENTS' PHYSICAL FITNESS LEVELS AT VOCATIONAL SCHOOL
Pendidikan merupakan suatu kegiatan dalam proses yang berperan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui perbandingan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X-AK 1 dan XI AK 1 di SMKN 2 Buduran. Penelitian yang bermaksud untuk studi identifikasi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan jenis desain cross selectional. Penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang terkait variabel yaitu tingkat kebugaran jasmani siswa dengan menggunakan tes. Pada artikel ini membandingkan kedua kelas dengan mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa SMK Negeri 2 Buduran yang diperoleh dari hasil tes MFT (Multitage Fitness Test). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif berupa deskripsi data, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil dan pembahasan pada artikel ini diketahui bahwa kedua kelas tersebut memiliki rata-rata pada kelas X-AK 1 22,9 sedangkan untuk kelas XI-AK 1 sebesar 23,3. Perhitungan data meliputi uji normalitas untuk kelas X-AK 1 dengan nilai signifikan 0,010 kurang dari alpha (sig. > α (0,010<0,05)), sedangkan untuk kelas XI-AK 1 dengan nilai signifikan 0,000 kurang dari alpha (sig. > α (0,000<0,05)). Uji homogenitas dapat diketahui bahwa penghitungan signifikansi 0,861>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian dari kedua kelompok di atas memiliki varian yang homogen. Sehingga dari hasil yang telah di paparkan maka dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan dari hasil kebugaran jasmani antara siswa kelas X-AK 1 dengan XI-AK 1 sebesar 0,861>0,05.
Kata Kunci: siswa SMKN; tingkat kebugaran jasmani; MFT
Education is a process that plays an important role in efforts to improve quality human. This study has a purpose, namely to compare the physical fitness level of students in class X-AK 1 and XI AK 1 at SMKN 2 Buduran. This research which intends to study identification uses quantitative descriptive research. The design of this study uses a cross-selectional design. Determination of the sample used in this study using a purposive sampling technique. Collecting data to obtain information related to variables, namely the level of physical fitness of students by using tests. This article compares the two classes by measuring the level of physical fitness of Buduran 2 Vocational High School students obtained from the results of the MFT (Multitage Fitness Test) test. The data analysis technique used in this research is descriptive statistical data, normality test, and homogeneity test. The results and discussion in this article are known that the two classes have an average result in class X-AK 1 of 22.9 while for class XI-AK 1 of 23.3. The results of the data calculations include the normality test for class X-AK 1 with a significant value of 0.010 less than alpha (sig. > (0.010<0.05)), while for class XI-AK 1 with a significant value of 0.000 less than alpha (sig. . > (0.000<0.05)). Homogeneity test can be seen that the calculation of the significance of 0.861> 0.05, it can be concluded that the research data from the two groups above have homogeneous variants. From the results that have been described, it can be concluded that there is no significant difference in the results of physical fitness between class X-AK 1 and XI-AK 1 students of 0.861> 0.05.
Keywords: physical fitness; SMKN student; MFT