Pengembangan Buku Panduan Strategi Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Bagi Siswa SMA Di Sidoarjo
Lailuz, 2020. “Pengembangan Buku Panduan Strategi Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Bagi Siswa SMA Di Sidoarjo”. Tesis program studi bimbingan dan konseling, program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Eko Darminto, M.Si dan (II) Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Pengembangan, buku panduan, strategi memilih jurusan, Perguruan Tinggi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena salah jurusan yang terjadi pada siswa di sekolah menengah tingkat atas. Bentuk pendidikan setelah menengah tingkat atas adalah Perguruan Tinggi (PT). Banyaknya jurusan yang ada di Perguruan Tinggi membuat siswa mengalami kebingungan dalam menentukan jurusan yang tepat. Karena itulah perlu adanya informasi yang tepat sebagai bentuk informasi bagi siswa, salah satunya adalah buku panduan.
Pengembangan buku panduan strategi memilih jurusan merupakan bentuk pengembangan media cetak berupa buku yang berisi petunjuk atau panduan memilih jurusan di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Tujuan penelitian ini adalah menyusun buku panduan untuk strategi memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang kemudian diuji kelayakannya dengan tiga aspek, yaitu kelayakan materi, kegrafikan, bahasa, dan media (Depdikbud, 2014).
Hasil penelitian menerangkan bahwa buku panduan strategi memilih jurusan di Perguraun Tinggi memenuhi empat kriteria kelayakan. penilaian validator ahli materi menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat baik” (72,5%), validator ahli media menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat baik” (78,3%), validator ahli bahasa menunjukkan kriteria penilaian “sangat layak dengan predikat sangat baik” (93,3%). Menurut penilaian konselor, kulaitas buku panduan menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (74%). Hasil penilain dari uji coba skala kecil menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (81,3%) dan Uji Coba skala besar menunjukkan kriteria penilaian “sangat layak dengan predikat sangat baik” (84,25%). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka buku panduan strategi memilih jurusan di Perguruan Tinggi untuk siswa SMA di Sidoarjo memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan di sekolah.
Lailuz, 2020. "Strategy Guide Book Development for Choosing Departments in Higher Education for High School Students in Sidoarjo". Thesis, guidance and counseling study program, Postgraduate program at the State University of Surabaya. Advisor (1) Dr. Eko Darminto, M.Si and (II) Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd.
Keywords: Development, guidebook, strategy for choosing a major, Higher Education.
This research is motivated by the phenomenon of misdirection that occurs in high school students. The form of education after upper secondary level is Higher Education (PT). The number of majors in Higher Education makes students experience confusion in determining the right major. That's why it is necessary to have the right information as a form of information for students, one of which is a guidebook.
The development of a strategy guidebook for choosing a major is a form of print media development in the form of a book containing instructions or guidelines for choosing a major in a university.
This research is a development research using the Dick and Carey development model. The purpose of this study was to compile a guidebook for a strategy for choosing a department in a higher education, which was then tested for its feasibility with three aspects, namely the feasibility of material, graphics, language, and media (Depdikbud, 2014).
The results of the study indicate that the strategic guidebook for choosing majors in Perguraun Tinggi meets four eligibility criteria. the evaluation of the material expert validator showed the criteria for the assessment of "good with the predicate" (72.5%), the media expert validator showed the criterion for the assessment of "good with the predicate" (78.3%), the linguist validator showed the criterion for the assessment was "very feasible with the predicate. very good ”(93.3%). According to the counselor's assessment, the quality of the manual shows the assessment criteria "feasible with a very good predicate" (74%). The results of the assessment of the small-scale trial showed that the assessment criteria were "feasible with the predicate very good" (81.3%) and the large-scale trial showed the assessment criteria "very feasible with the predicate very good" (84.25%). Based on the results of this assessment, the strategy guide book for selecting majors in higher education for high school students in Sidoarjo meets the eligibility criteria and can be used in schools.