PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN COMPUTER NUMERIC CONTROLDI SMK KAL-1 SURABAYA DITINJAU DARI BERFIKIR KREATIF
THE EFFECT OF PROJECT BASED LEARNING MODEL
ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN STUDY OF COMPUTER NUMERIC CONTROL
AT SURABAYA KAL-1 VOCATIONAL SCHOOL BASED ON CREATIVE THINKING
ABSTRAK
Rahmawati, Elly. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Computer Numeric Control di SMK KAL-1 Surabaya Ditinjau Dari Berfikir Kreatif. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd., dan (2) Dr. Soeryanto, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang tidak berjalan secara maksimal dengan menggunakan model pembelajaran yang belum efektif dan efisien, sehingga belum terciptanya keberhasilan pembelajaran dengan ketuntasan belajar pada mata pelajaran computer numeric control kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menganalisis apakah hasil belajar bagi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, lebih tinggi dibanding hasil belajar bagi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran computer numeric control; (2) untuk menganalisis apakah hasil belajar bagi siswa yang memiliki tingkat berfikir kreatif (TBK) tinggi, lebih tinggi dibanding hasil belajar bagi siswa yang memiliki TBK rendah pada mata pelajaran computer numeric control; dan (3) untuk menganalisis apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan tingkat berfikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran computer numeric control.
Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian faktorial quasi experimental dengan teknik Uji ANAVA 2 jalur. Populasi target/sasaran dalam penelitian ini adalah populasi terjangkau siswa kelas XI SMK Kal- 1 Surabaya. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu (1) kelompok eksperimen terdiri dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PjBL; dan (2) kelompok kontrol terdiri dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MPL.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pencapaian hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa yang diajar dengan PjBL lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan MPL pada mata pelajaran computer numeric control; (2) pencapaian hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor bagi siswa yang memiliki TBK tinggi lebih tinggi secara signifikan dibanding siswa yang memiliki TBK rendah pada mata pelajaran computer numeric control; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasi proyek dan tingkat berfikir kreatif terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada mata pelajaran computer numeric control.
Kata-kata Kunci: model pembelajaran berbasis projek, hasil belajar siswa, tingkat berfikir kreatif.
ABSTRACT
Rahmawati, Elly.2020. The Effect of Project Based learning Model on Student Learning Outcomes in Study of Computer Numeric Control at Surabaya KAL-1 Vocational School based on Creative Thinking, Thesis, Technology and Vocational Education Study Program, Postgraduate Surabaya State University. Advisors: (1) Prof. Dr. Supari Muslim, M.Pd., and (II) Dr. Soeryanto, M.Pd.
This research is motivated by teaching and learning activities in the classroom that do not run optimally by using a learning model that is not yet effective and efficient, so that learning success has not been created with learning completeness in computer numeric control subjects less than the minimum completeness criteria (KKM) that have been determined.
This study aims to: (1) analyze whether the learning outcomes for students who learn using a project-based learning model are higher than those for students who study using a direct learning model on the subject of Computer Numeric Control; (2) to analyze whether the learning outcomes for students who have a high level of creative thinking (TBK) are higher than the learning outcomes for students who have low TBK in the Computer Numeric Control subject; and (3) to analyze whether there is an interaction between project-based learning models and the level of creative thinking on student learning outcomes in the Computer Numeric Control subject.
This type of research is an experimental method using a quasi experimental factorial research design with 2-way ANAVA test technique. The target population / target in this study is the reachable population of the XI grade students of SMK Kal-1 Surabaya. The research subjects were divided into two groups, namely (1) the experimental group consisting of students who were taught using the PjBL learning model; and (2) a control group consisting of students who were taught using the MPL learning model.
The results of the study concluded that: (1) the achievement of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes for students taught by PjBL was significantly higher than students taught by MPL in computer numeric control subjects; (2) the achievement of cognitive, affective and psychomotor learning outcomes for students who have high TBK is significantly higher than students who have low TBK in computer numeric control subjects; and (3) there is an interaction between project-based learning models and the level of creative thinking on learning outcomes in the cognitive, affective and psychomotor domains in computer numeric control subjects.
Keywords: project based learning, student learning outcomes, creative thinking.