Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Probolinggo
Development of Science Literacy Test Instrument Based on Local Wisdom in Probolinggo
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas teoritis maupun empiris instrumen tes literasi sains yang dikembangkan terkait dengan kearifan lokal di Probolinggo serta mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains pada siswa di SMAN 1 Dringu. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah di antaranya analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba skala besar, analisis, serta laporan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Dringu. Hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh 3 validator didapatkan 15 soal berbentuk uraian. Hasil validitas teoritis didapatkan skor modus pada ranah materi, konstruksi, dan bahasa masing-masing 4, 4, dan 3 dengan kategori sangat baik dan baik serta Percentage of Agreement (PoA) instrumen tes dinyatakan baik. Instrumen tes yang valid secara teoritis diuji coba terbatas kepada 30 siswa. Hasil analisis instrumen secara empiris yaitu, (a) Tingkat kesukaran butir soal diperoleh taraf kesukaran sebesar 0,31 hingga 0,68 dengan kategori sedang, (b) Daya pembeda butir soal diperoleh indeks daya pembeda sebesar -0,06 hingga 0,50 dengan kategori rendah, sedang, cukup baik, dan sangat baik, (c) Reliabilitas instrumen diperoleh r hitung sebesar 0,86 dengan instrumen dinyatakan reliabel, (d) Validitas butir soal diperoleh angka korelasi sebesar 0,01 hingga 0,84 dengan kategori sangat rendah, rendah, cukup, tinggi, dan sangat tinggi. Instrumen tes yang valid secara teoritis maupun empiris diuji coba skala besar di dua kelas XII di SMAN 1 Dringu. Profil kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Dringu sebesar 47% dengan kategori sangat kurang, 15% dengan kategori kurang, 22% dengan kategori cukup, 9% dengan kategori baik, dan 7% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan valid secara teoritis maupun empiris, serta dapat mengukur kemampuan literasi sains siswa.
The purpose of this study was to describe the theoretical and empirical validity of the developed science literacy test instrument related to local wisdom in Probolinggo and to describe the profile of science literacy skills in students at SMAN 1 Dringu. This type of research is Research and Development (R&D) with steps including potential and problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, limited trial, product revision, large-scale trial, analysis, and report. The test subjects of this research were students of class XII SMAN 1 Dringu. The development results that have been validated by 3 validators obtained 15 questions in the form of descriptions. The results of theoretical validity obtained mode scores in the domains of material, construction, and language respectively 4, 4, and 3 with very good and good categories and Percentage of Agreement (PoA) test instruments are declared good. Theoretically valid test instruments were tested on 30 students. The results of the empirical instrument analysis are, (a) The level of difficulty of the items obtained is 0.31 to 0.68 with a medium category, (b) The differentiating power of the items obtained is an index of differentiating power of -0.06 to 0.50 with low, medium, good enough, and very good categories, (c) The reliability of the instrument obtained r hitung of 0.86 with the instrument declared reliable, (d) The validity of the items obtained a correlation number of 0.01 to 0.84 with very low, low, sufficient, high, and very high categories. Theoretically and empirically valid test instruments were tested on a large scale in two XII classes at SMAN 1 Dringu. The profile of science literacy ability of students of SMAN 1 Dringu was 47% with very poor category, 15% with poor category, 22% with sufficient category, 9% with good category, and 7% with very good category. Thus, it can be concluded that the test instrument developed is theoretically and empirically valid, and can measure students' science literacy skills.