ABSTRAK
Cahyani, Lailatul. 2019. Abstraksi Reflektif Siswa SMP dalam Merekonstruksi Konsep Persamaan Kuadrat Berdasarkan Kemampuan Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika., Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Dr. Hj. Masriyah, M.Pd., dan II Dr. Endah Budi Rahadju, M.Pd.
Kata Kunci Abstraksi Reflektif, Persamaan Kuadrat, Kemampuan Matematika
Abstraksi reflektif adalah mekanisme mental yang digunakan untuk merekonstruksi konsep persamaan kuadrat. Perbedaan kemampuan matematika yang dimiliki masing-masing siswa sangat mungkin memberikan hasil berbeda dalam merekonstruksi konsep persamaan kuadrat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan abstraksi siswa SMP dalam merekonstruksi konsep persamaan kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Univeristas Negeri Surabaya pada Semester Ganjil tahun pelajaran 2019 2020. Dari tiga kelas IX SMP dipilih secara purposive kelas IXB yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Semua siswa kelas IXB harus mengrjakan 2 tes, yaitu tes kemampuan matematika TKM dan tes abstraksi reflektif TAR. TAR terdiri atas TAR1 dan TAR2. TAR2 setara dengan TAR1 yang digunakan sebagai triangulasi. Berdasarkan hasil TKM, diperoleh 3 siswa berkemampuan tinggi, 9 siswa berkemampuan sedang, dan 8 siswa berkemampuan matematika rendah. Berdasarkan hasil TAR1, diperoleh 3 siswa berkemampuan tinggi, 11 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 6 siswa berkemampuan matematika rendah. Selanjutnya dipilih 3 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian, serta dipertimbangkan juga nilai UTS siswa. Wawancara berbasis tes dilakukan kepada ketiga subjek penelitian untuk digali lebih mendalam data abstraksi reflektifnya. Hasil tes dan wawancara digunakan sebagai dasar dalam pengklasifikasian abstraksi reflektif siswa ke setiap mekanisme.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa abstraksi reflektif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam merekonstruksi konsep persamaan kuadrat dapat melalui mekanisme mental yang meliputi interiorisasi, koordinasi, dan enkapsulasi. Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat menggunakan skema yang telah terbentuk melalui mekanisme mental interiorisasi, koordinasi, dan enkapsulasi untuk merekonstruksi konsep persamaan kuadrat dalam membentuk objek baru, dikatakan siswa melalui mekanisme tematisasi. Siswa berkemampuan matematika tinggi menyelesaikan persamaan kuadrat secara konsisten menggunakan cara pemfaktoran, dan rumus ABC. Abstraksi reflektif pada siswa berkemampuan matematika sedang dalam merekonstruksi konsep persamaan kuadrat dapat melalui mekanisme mental yang meliputi interiorisasi, koordinasi dan enkapsulasi. Siswa berkemampuan matematika sedang tidak dapat merekonstruksi konsep persamaan kuadrat yang terbentuk untuk membentuk objek baru, sehingga siswa tidak dapat melalui mekanisme tematisasi. Siswa berkemampuan matematika sedang lebih sering menggunakan rumus ABC daripada pemfaktoran. Abstraksi reflektif pada siswa berkemampuan matematika rendah dalam merekonstruksi konsep persamaan kuadrat hanya dapat melalui mekanisme mental yang meliputi interiorisasi, koordinasi dan enkapsulasi. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak menggunakan skema yang terbentuk untuk merekonstruksi konsep persamaan kuadrat dalam membentuk objek baru, sehingga siswa tidak dapat melalui mekanisme tematisasi. Siswa berkemampuan matematika rendah hanya menyelesaikan soal persamaan kuadrat menggunakan penyelesaian pemfaktoran.
ABSTRACT
Cahyani, Lailatul. 2019. Students Reflective Abstraction in Reconstructing Quadratic Equation Based on Mathematics Ability. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika., Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I Dr. Hj. Masriyah, M.Pd., dan II Dr. Endah Budi Rahadju, M.Pd.
Keywords Reflective Abstraction, Quadratic Equation, Mathematic Ability
Reflective Abstraction is a mental mechanism that used to reconstruct the quadratic equation concept. Mathematical ability differences possesed by each student is very possible to give different result in reconstructing the concepts of quadratic equation. The aim of the research to discribe the abstraction of junior high school student in reconstructing quadratic equation. This research was carried out at SMP Labschool Universitas Negeri Surabaya in first semester of the years of 2019 2020. From three classes of 9th grade, 9thB was choosen purposivly as a sample consisting 12 boys and 8 girls.
All student of 9thB had to do two test, namely mathematic ability test, reflective abstraction test. Reflective abstraction test consisted of reflective abstraction test1 and reflective abstraction test2. Reflective abstraction test2 is similler with abstraction reflective test1, that used as triangulation. Based on the result of mathematic ability test, there were three students in high mathematic ability, nine student in medium mathematic ability, and eight student in low mathematic ability. Based of abstraction reflective test1, there were three students in high mathematic ability, eleven student in medium mathematic ability, and six student in low mathematic ability. So, we chhosed three student in high mathematic ability, medium, and low. Respectively as subject and consider the document record of student mathematict performance. Interview based on test have to do for eaach subject to gate reflective abstraction data deeply. The result of test and interview used as basic in student reflectiv abstraction classification for mechanism.
The result showed that reflective abstraction of high mathematic ability student in reconstructing quadratic equation concept able to throught mental mechanism that comprise of interiorization, coordination, and encapsulation. Student in high mathematic ability able to use schema that have formed by interiorization, coordination, and encapsulation mental mechanism for reconstructing quadratic equation in forming new object, said that student throught thematization mental mechanism. Student in high mathematic ability solved quadratic equation problems by using factoring and ABC formula consistenly. Reflective abstraction of medium mathematic ability student in reconstructing quadratic equation concept able to throught mental mechanism that comprise of interiorization, coordination, and encapsulation. Student in medium mathematic ability anable to reconstruct quadratic equation concept that formed for arranging new concept, so that student anable to throught thematization mechanism. Student in medium mathematic ability often used ABC formula that factoring method. Reflective abstraction of low mathematic ability student in reconstructing quadratic equation concept able to throught mental mechanism that comprise of interiorization, coordination, and encapsulation. Student in low mathematic ability didnot use schems that for reconstructing quadratic equation in arranging new object, so that student anable to throught thematization mechanism. Student in low mathematic ability only solved the quadratic equation problems using factoring method.