ABSTRAK
Maulidiyah,
Hanun 2023, Pengembangan
e-Modul Pembelajaran Informatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational
Thinking Dan Literasi Digital Materi Algoritma Dan Pemrograman Kelas X di SMA.Tesis,
Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendikan, Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I)
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan (II) Dr. H. Lamijan Hadi Susarno, M.Pd.
Kata-kata Kunci : e-modul, Pembelajaran Informatika, computational thinking, literasi digital
Penelitian ini
bertujuan (1) untuk menghasilkan e-modul
yang layak digunakan dalam
proses pembelajaran informatika kelas X di SMAN 12 Surabaya; (2) mengetahui
keefektifan e-modul pembelajaran informatika pada materi algoritma dan
pemrograman peserta didik kelas X dalam meningkatkan kemampuan computational thinking;(3) mengetahui
keefektifan e-modul pembelajaran informatika pada materi algoritma dan
pemrograman peserta didik kelas X di dalam meningkatkan literasi digital.
Penelitian
ini dilakukan SMAN 12 Surabaya dengan subyek penelitian adalah 60 peserta didik adalah kelas X-10 yakni 30 peserta didik dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yakni 30 peserta
didik . Metode
yang diterapkan penelitian ini adalah penelitian dan pengembanga (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis,Design, Development, Implement and evaluation). Jenis
Penelitian yang dilakukan adalaha
penelitian ekperimen dengan bentuk desain penelitian posttest groupdesign . instrumen yang digunakan mengumpulkan data
adalah lembar angket(kuisioner) dan tes. instrumen telah validasi ahli, diuji
validitas menggunakan product moment dan
uji reliabilitas menggunakan alpha
cronbach’s. sedangkan uji normalitas data menggunakan kolmogrov smirnov test adan uji homogenitas menggunakan levene’s test dan untuk uji prasyarat
menggunakan rumus independent sample t
test. Data -data yang telah berhasil mengumpulkan kemudian dianalisa dengan
analisi Uji t. Dimana peneliti memanfaatkan saran komputer dengan menggunakan
program statitistik (SPSS versi 26).
Data yang diperoleh dalam penelitian
ini melalui wawancara, observasi, lembar validasi serta kuesioner. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan e-modul pembelajaran informatika ini memperoleh persentase validasi
materi sebesar 95,84 %, media sebesar 75%, dan desain pembelajaran sebesar 97,05%. e-modul pembelajaran informatika dapat meningkatkan computational thnking ditunjukkan dengan
hasil signifikansi sebesar 0,001 pada uji-t. selain itu juga, e-modul pembelajaran informatika dapat
meningkatkan literasi digital ditunjukkan dengan hasil signifikansi sebesar
0,000 pada uji-t . Sehingga berdasarkan hasil persentase uji kelayakandan
keefektivan dapat dinyatakan bahwa e-modul materi
baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.